SOBOnDESO News

Kawah Sileri Dieng Meletus

Kawah Sileri berada di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Merupakan kawah yang terluas di Dieng, yakni sekitar dua hektar. Salah satu kawah paling berbahaya di Dieng Plateau. Kawah Sileri yang berwarna kelabu kental seperti leri sehingga dinamakan Kawah Sileri. Foto diambil setelah Kawah Sileri meletus, Minggu (27/9/09) pukul 05.00 dini hari, kejadian serupa juga tercatat terjadi pada 1944, 1964, 1984, dan 2003.



Kawah ini merupakan fenomena alam yang langka dan menakjubkan, namun sekaligus berbahaya. Tahun 1979, salah satu kawah di Dieng ini, yakni Sinila mengeluarkan gas beracun dan menewaskan 149 penduduk di sini. Puas melihat Kawah Sileri, Kami melanjutkan perjalanan ke kawah candradimuka. Kawah ini awalnya terbentuk dari pemunculan solfatara, yakni berupa gumpalan asap putih dari tanah yang merekah.


No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.