SOBOnDESO News

Deles Indah Klaten

Deles Indah merupakan Obyek Wisata yang terletak di lereng kaki gunung Merapi sebelah timur , ± 25 km dari Kota Klaten, Deles berada di Wilayah Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang, dengan ketinggian antara 800 m – 1300 m diatas permukaan laut. Di sekitar Deles Indah ini dikenal pula beberapa peninggalan sejarah dan juga tempat rekreasi khusus antara lain :

a. Bekas Pesanggrahan Sunan Paku Buwono X

Menurut Cerita tahun ± 1938 Sunan Paku Buwono X bertapa / bersemedi di tempat tersebut dengan maksud memohon pada Tuhan agar letusan Gunung merapi tidak menembus kearah timur pesanggrahan. Pesanggrahan ini sekarang dinamakan pesanggrahan Gubernur Muchtar.



b. Makam Kyai Mloyopati

Sebagai tempat ziarah / nyepi yang ramai dikunjungi masyarakat Kemalang dan sekitarnya.

c. Sendang Kali Reno

Sendang Kali Reno mempunyai warna air yang berwarna warni.

d. Taman Rekreasi Ngajaran

Taman ini terletak pada hutan akasia di sebelah barat dan utara Pesanggrahan Paku Buwono X dan juga terletak di sepanjang jalan menuju bukit Petung, taman ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi dan camping.

e. Taman Pemandangan Pring Cendani

Hutan pring cendani tumbuh subur meskipun kurang teratur, jalan setapak yang ada merupakan jalan menuju ke puncak gunung Merapi. Satu potensi spesifik dari bukit tersebut yaitu dominant ditumbuhi satu vegetasi bambu bambu pendek / pring cendani.

f. Gua sapuangin / Gua Jepang

Gua ini mempunyai kedalaman ± 8 m dan didalamnya terdapat beberapa gua yang terdapat di bawah bukit pring cendani.


No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.