SOBOnDESO News

Tradisi Grebeg Selarong Mengenang Perjuangan Diponegoro

Pentas jathilan di acara budaya grebeg selarong
Grebeg Selarong adalah sebuah tradisi budaya yang digelar di lokasi wisata Goa Selarong, acara budaya ini bertujuan untuk mengenalkan obyek wisata goa selarong kepada masyarakat luas dan memperingati hijrahnya Pangeran Diponegoro dari Yogyakarta ke Goa Selarong pada 18 Juli 1825. Karena saat ini pengunjung Goa Selarong ini semakin sedikit dan mulai jarang dikenal oleh generasi muda masa kini.

Patung pangeran diponegoro

Goa selarong markasnya pangeran diponegoro

Acara ini diadakan setiap tahun yang dikelola oleh para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari, Pajangan, Bantul Yogyakarta, bersama Pemerintah Desa. Grebeg Selarong ini juga diramaikan oleh sebanyak 15 dusun dari Desa Guwosari yang tampil memamerkan seluruh potensi menampilkan unggulan yang ada di dusun mereka masing-masing.





Agenda Grebeg Selarong juga dijadikan acara Merti Desa oleh masyarakat setempat, Merti Desa merupakan wujud syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kemakmuran dan kesejahteraan lahir dan bathin, juga untuk memohon keselamatan masyarakat setempat.

kesenian jathilan
Acara budaya Grebeg Selarong juga dimeriahkan dengan Festival Drum Band , Festival Reog atau Jathilan, Pengajian Akbar Isro’ Mi’roj, Senam Masal , Festival Budaya Lokal 2 hari, Festival Band. Dipuncak acara Grebeg Selarong digelar festival gunungan dari tiap dusun  yang diarak dari Kantor balai desa berakhir di Gua Selarong. Selanjutnya, dilakuakan prosesi dilakukan prosesi umbul dungo, rebutan gunungan dan pembagian nasi kuning kepada seluruh masyarakat.

2 comments:

  1. acaranya lumayan menarik nih..
    kemarin sempat nonton :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maturnuwun dah mampir mas, sayang ga nonton acara yg kemarin

      Delete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.