SOBOnDESO News

Manikmoyo, Air Terjun yang Tersembunyi

Pemandangan alam di slogohimo
Kabupaten Wonogiri secara bahasa harfiah berarti "Hutan di Gunung", adalah sebuah daerah kabupaten di Jawa Tengah, secara geografis letak Wonogiri berada di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah dan berada dalam deretan Pegunungan Sewu di bagian selatan Pulau Jawa yang membentang dari Pantai Parangtritis, di Kabupaten Bantul hingga Teluk Pacitan di Kabupaten Pacitan.

Karena kondisi alamnya yang berupa pegunungan dengan hutan yang masih lebat, Kabupaten Wonogiri ini menyimpan banyak tempat wisata alam yang layak untuk kita kunjungi. Obyek wisata alam yang paling terkenal adalah Waduk Gajah Mungkur dan Pantai Parang Gupito.

Hutan pinus setren
Namun Penjelajahan kami ke Wonogiri waktu itu bukan untuk bermain ombak di Pantai Parang gupito maupun menikmati keindahan Waduk Gajah Mungkur, tetapi kami menjelajahi sebuah air terjun alami yang tersembunyi di balik lebatnya hutan di Wonogiri.

Air terjun alami yang kami jelajahi ini terletak di kawasan Obyek Wisata Girimanik, Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri. Di kawasan wisata alam Girimanik ini terdapat tiga air terjun, yakni air terjun Manikmoyo, air terjun Condromoyo, dan air terjun Tejomoyo.





Untuk menuju ke lokasi air terjun kita harus melewati jalanan yang menanjak dan tikungan-tikungan jalan yang licin, namun di sepanjang jalan kita akan disuguhi panorama alam yang indah. Di kawasan Setren, Slogohimo ini juga terdapat hutan Pinus yang lebat dan sejuk, sehingga kami menyempatkan untuk berhenti dan beristirahat sambil menikmati kesejukan alamnya.

Setelah melalui lebatnya hutan pinus dan medan jalan yang cukup menantang, kami sampai di lokasi parkir untuk para pengunjung. Lokasi parkiran ini terletak diantara lebatnya pepohonan besar, di sini juga terdapat warung makan kecil yang menjajakan minuman hangat dan mie rebus yang cocok di udara sejuk pegunungan.

Air terjun manikmoyo yang masih alami
Penjelajahan pertama kami adalah mengunjungi Air Terjun Condromoyo, namun sayang kami tidak sampai di lokasi air terjunnya karena jalan menuju ke lokasi sudah tertimbun longsoran tanah dari bukit di sisi air terjun. Karena akses jalan yang sulit untuk dilalui kami pun segera berbalik arah untuk menjelajah ke Air Terjun Manikmoyo.

Setelah melalui jalan setapak yang cukup licin dan menerobos lebatnya hutan, akhirnya kami tiba di lokasi Air Terjun Manikmoyo. Air terjun ini masih sangat alami dengan debit air yang deras dan jernih serta di sekelilingnya ditumbuhi pohon-pohon yang cukup besar sehingga menambah kesan alami di lokasi air terjun ini. Setelah puas bermain air dan menjepret beberapa gambar kami pun segera beranjak dari lokasi Air Terjun Manikmoyo, namun sayang kami tidak sempat menjelajah ke Air Terjun Tejomoyo karena hujan turun sangat lebat waktu itu.

Pelangi di slogohimo, saat dalam perjalanan pulang

5 comments:

  1. maturnuwun bro,, kapan berburu curug ke slogohimo??

    ReplyDelete
  2. Terkagum2 lihat hasil jepretannya, keren, apalagi yg air terjun. Izin follow ya :)

    ReplyDelete
  3. luar biasa... hari sabtu 31/3/2012 kemarin touring bertiga ke sana...
    dan rasa capek kami terbayar karena keindahan condromoyo dan manikmoyo...
    tapi kami ga sempat ke tejomoyo karena udah harus balik ke markas....hehehehehehe...

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.