SOBOnDESO News

Menikmati Meriahnya Pasar Malam (Sekaten Djogja)

Tempat hiburan masyarakat jogja
Perayaan Sekaten adalah salah satu momentum tahunan yang selalu ditunggu oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya, perayaan ini juga dimeriahkan dengan pasar malam selama satu bulan penuh di alun-alun utara Keraton Yogyakarta. Acara sekaten diadakan untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Di acara sekaten ini kita bisa menyaksikan berbagai macam hiburan rakyat yang dipentaskan setiap malam di sebuah panggung hiburan yang berada di tengah keramaian pasar. Kita juga bisa mencoba berbagai permainan, menikmati sajian kuliner khas Sekaten, dan berbelanja beraneka macam barang dagangan yang digelar di berbagai stand.

Pasar malam yang tak pernah sepi
Meriahnya perayaan Sekaten ini menjadi daya tarik pengunjung dari semua kalangan masyarakat, dari desa dan kota, dari luar Jogja hingga para turis asing.

Bahkan para Bolang kecil (keponakan saya) juga tidak melewatkan kemeriahan pasar malam yang memang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Jogja untuk menghadiri acara ini.

Dimeriahkan juga oleh bangsa dhemit
Aneka permainan di pasar malam sekaten
Dan pada pekan terakhir acara ini akan perdengarkan musik gamelan yang ditabuh selama tujuh hari di depan Masjid Gedhe Kauman. Gamelan di halaman masjid tersebut akan ditabuh tiga kali sehari yaitu pukul 08.00 - 11.00 WIB, 14.00 - 17.00 WIB, dan 20.00 - 23.00 WIB. Gamelan tidak akan ditabuh dari Kamis malam hingga Jum’at selepas sholat Jumat.

Perahu othok-othok, mainan anak khas sekaten

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.