SOBOnDESO News

Pulau Cemeti Tamansari

Bangunan tua yang masih nampak gagah
Pulau Cemeti adalah peninggalan Keraton Yogyakarta berupa bangunan tua yang terletak di belakang eks Pasar Ngasem dan berada di tengah pemukiman penduduk yang cukup padat. Pulau Cemeti ini juga masih satu kawasan dengan taman wisata Tamansari.

Bangunan kuno ini cukup tinggi, sehingga para wisatawan bisa menikmati keindahan kota Yogyakarta dari atasnya. Pulau Cemeti ini dahulu berfungsi sebagai tempat beristirahat sekaligus sebagai tempat pengintaian.

Kondisi setelah dipugar

Saat Yogyakarta dilanda gempa bumi tahun 2006 yang lalu sejumlah bangunan di Kompleks Istana Tamansari sebagian mengalami kerusakan., dan sekarang bangunan bersejarah ini sudah dipugar.

Meski mengalami pemugaran, sebagian tembok di pulo cemeti yang sudah berusia 250 tahun lebih itu, tampaknya sengaja disisakan sebagai bukti sejarah masa lalu.

Cagar budaya yang masih terpelihara di jogja
Dari Pulau Cemeti, kita juag bisa menyusuri lorong-lorong yang dulu berada di bawah kolam atau segaran. Konon lorong-lorong yang memberi kesan sebagai jalur rahasia ini mempunyai akses ke dalam Keraton, dan bahkan ada yang menyebut hingga ke Laut Selatan. Memang ada sebuah lorong yang kemudian ditutup dengan alasan yang tidak diketahui.

Selain menuju Keraton, lorong-lorong tersebut juga mengarah ke sebuah tempat yang memang berbentuk sumur besar yang disebut dengan Sumur Gumuling. Sumur Gumuling adalah tempat khusus digunakan sultan untuk menyepi atau bertapa.

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.