SOBOnDESO News

Kue Adrem Makanan Khas Sanden

Kue adrem yang bentuknya unik
Kue Adrem adalah makanan unik yang berasal dari Kecamatan Sanden Bantul, kue ini dibuat dengan bahan baku utama tepung beras dan gula jawa merah yang digoreng. Rasa dari kue ini cukup manis dan sedikit gurih, saat digigit akan terasa legit. Karena bentuknya yang unik, kue ini juga sering disebut kue Th*lpit (konth*l kejepit).

Makanan ini sangat cocok bila disantap dengan ditemani minuman teh panas maupun kopi yang agak pahit karena rasanya yang manis, kue Adrem ini cukup populer di era tahun 80 - 90an. Seiring dengan berjalannya waktu dan kian bertambahnya keberagaman jenis makanan, kue Adrem ini semakin tenggelam kepopulerannya di generasi saat ini.
Rasanya manis nan legit
Keberadaan dari kue ini pun semakin jarang dijumpai, saat ini kue Adrem hanya bisa dijumpai di beberapa pasar tradisional di Kecamatan Sanden, Srandakan, Pandak dan Kretek. Citarasa dari kue ini juga mengalami perubahan karena adanya perubahan bahan baku gula jawa yang ditambah gula pasir sehingga mengurangi kelegitan rasanya.





Mungkinkah kue Adrem dari Sanden ini akan tetap bertahan di masa-masa mendatang, dan kembali dikenal oleh generasi muda saat ini dan generasi yang akan datang.

2 comments:

  1. Sayang skali byk kue2 tradisional yg skrg susah dijumpai lagi.

    ReplyDelete
  2. harus jelajah ke pasar2 tradisional dl baru dapt kuenya

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.