SOBOnDESO News

Mampir Situs Warungboto, Petilasan Hamengku Buwana II


Hampir setiap hari saya melewati sebuah situs dari bangunan bersejarah di Kota Yogyakarta yaitu bekas pesanggrahan Hamengku Buwana II, namun setiap melewatinya saya tidak pernah tertarik untuk mendatanginya. Hingga kemarin sore beberapa hari sebelum tulisan ini saya publikasikan, saya mencoba utuk membelokan kendaraan saya ke dekat area situs ini.

Setelah memarkirkan kendaraan saya mengelilingi dan mengamati sisa-sisa bangunan yang masih berdiri serta yang sudah berupa reruntuhan.


Situs Warungboto adalah bekas pesanggrahan atau tempat beristirahat Sultan Hamengku Bowono II. Situs ini terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama adalah bangunan depan yang letaknya lebih tinggi sebagai tempat beristirahat raja-raja Kraton Yogyakarta. Dua bagian lainnya adalah kolam. Kolam bagian tengah berfungsi sebagai sumber air buat penduduk sekitar dan kolam bagian belakang yang dikenal dengan "taman air" adalah tempat pemandian putri-putri raja.





Lokasi situs Warungboto terletak di jalan Veteran, di Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Kalau dari arah utara, anda bisa lewat Jalan Kusumanegara menuju perempatan pabrik susu SGM, kemudian berbelok ke kanan, jika dari arah selatan anda bis melewati Jalan Ngeksigondo ke arah barat hingga perempatan pos pengisian bahan bakar Gambiran dan berbelok ke kanan. 


No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.