SOBOnDESO News

Hunting Jajanan Pasar di Bantul

Hunting kuliner merupakan kegiatan atau kebiasaan yang sangat menyenangkan, apalagi memburu makanan khas suatu daerah. Pada tulisan kali ini saya akan menceritakan perburuan kuliner ndeso atau jajanan pasar khas Bantul, tepatnya di Pasar Turi, Kretek Bantul atau yang lebih di kenal Pasar Pahing oleh masyarakat sekitar.

Pasar Turi ini merupakan pasar tradisional yang masih memiliki jenis panganan ndeso atau jajanan pasar yang sangat banyak bisa saya bilang terkomplit di Bantul. Karena di pasar ini kita mudah sekali menjumpai penjual makanan yang jarang kita jumpai di pasar tradisional lainnya.

Pada perburuan jajanan pasar kali ini saya bersama Simbok dan si Bolang Laras. Langsung saja kami menuju ke pusat dagangan jajanan pasarnya, dalam benak saya sedari rumah adalah membeli panganan wajib yang harus dibeli yang bernama "Karangan". Panganan ini adalah semacam agar-agar yang dibuat secara alami oleh penduduk, berbeda dengan agar-agar pada umumnya karangan ini memiliki rasa sedikit asin dan sedikit amis dan terasa sekali tekstur dari rumput lautya dan biasanya dimakan bersama kethak maupun bothok. Perburuan kuliner kami lanjutkan dengan membeli makanan khas lainnya seperti Bakmi Pentil, lele garang, dawet dll.

Bagi saya Pasar Turi ini memiliki magnet yang sangat kuat yang membuat saya selalu ingin kembali untuk memburu jajanan pasarnya. Suasana pasar yang ramai, panganan ndesonya yang komplit dan enak, dan para pedagang yang ramah membuat Pasar Turi ini tidak pernah kehilangan rohnya pasar tradisional sebagai pusat perekonomian masyarakat.



No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.