SOBOnDESO News

Kemeriahan Kirab Budaya, Festival Kotagede 2015


Kirab Budaya Kotagede yang diselenggarakan pada hari Minggu sore kemarin adalah salah satu rangkaian Festival Kotagede 2015 yang menampilkan 10 bregodo prajurit yang mengawal enam replika ikon benda-benda bersejarah kerajaan Mataram Islam dengan tema Awal Kebangkitan Mataram.



Replika-replika itu adalah Replika Gapura Padurasa pintu gerbang Masjid Mataram, Replika Kelapa Muda tempat bersemayamnya wahyu Gagak Emprit, Replika Cincin Bang Menjangan, Replika Keris Kebo Dengan Luk Lima, Replika Batu Gilang Lipura, Replika Pohon Beringin Joyoprono yang atas arahan Sunan Kalijaga agar ditanam di areal calon Kraton Mataram di tengah-tengah Hutan Mentaok.







Masyarakat Kotagede dan sekitarnya sangat antusias menyaksikan acara arak-arakan kirab dengan memenuhi sepanjang jalan yang dilalui peserta kirab budaya.

Kirab Budaya ini memulai start dari Lapangan Karang dan finish di Taman Parkir Singosaren.

Festival Kotagede 2015 ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Pintu Gerbang Selatan memasuki kawasan wisata Kotagede, lewat jalan masuk di sebelah Taman Parkir Singosaren, Ringroad Selatan.

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.