SOBOnDESO News

Kirab Gunungan Merti Dusun Grojogan

kirab gunungan merti dusun grojogan 2015
Seperti tahun-tahun sebelumnya di Kampung Grojogan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul pada hari Minggu 04 Oktober 2015 mengadakan acara Merti Dusun, yang diikuti sembilan RT Sekampung Grojogan. Acara ini melibatkan semua warga dari orang tua hingga anak-anak, Laki-laki dan Perempuan, peserta sangat antusias mengikuti acara arak-arakan Kirab Gunungan mengelilingi kampung.

Berbagai macam model dan bentuk gunungan di arak keliling dengan diiringi berbagai macam alunan musik menambah semarak acara merti dusun. Gunungan terlihat menarik dengan dihiasi aneka macam sayuran dan hasil bumi, ada yang menampilkan gunungan kaos dan souvenir lainnya yang akan diperebutkan warga di akhir acara merti dusun. 


kirab gunungan merti dusun grojogan 2015

Merti Dusun atau juga sering disebut bersih desa merupakan simbol dari ungkapan rasa syukur masyarakat kepada sang pencipta atas limpahan karunia yang diberikan-Nya. Karunia tersebut bisa berujud apa saja, seperti rezeki, kesehatan, keselamatan, kemakmuran, serta ketentraman dan keselarasan hidup.


Acara merti dusun ini juga merupakan ajang silaturahmi masyarakat untuk meningkatkan kebersamaan dan rasa berbagi/sedekah kepada sesama yang dikemas dengan adat budaya lokal.



No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.