SOBOnDESO News

Menjelajah Kawasan Hutan Mangrove Pantai Baros


Sobat SOBOnDESO bosan dengan wisata alam di Jogja yang sudah terkenal dan ramai pengunjungnya? Mungkin Sobat perlu mencoba untuk mengunjungi kawasan ekowisata hutan mangrove Baros.

Kawasan Hutan Mangrove Baros terletak di muara Kali Opak tepatnya di Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.



Sebagai orang Jogja pasti jarang yang pernah menjumpai tanaman mangrove atau bakau. Dikarenakan keberadaan hutan Mangrove di Jogja/Pantai Baros Muara Sungai Opak ini merupakan kawasan hutan mangrove buatan dan menjadi perintis hutan mangrove di muara sungai kabupaten Bantul.

Di kawasan hutan mangrove ini kita bisa menjumpai berbagai jenis satwa liar seperti burung-burung, keong, kepiting, berbagai jenis ikan, katak dan masih banyak lagi.

Mungkin saat musim penghujan suasana khas hutan mangrove akan terasa lebih kental dengan kondisi air yang melimpah.






Untuk menuju ke kawasan hutan mangrove ini cukup mudah, bisa melewati jalan Parangtritis sampai pertigaan pasar Ngangkruk, Kretek Jl. Parangtritis belok kanan hingga menjumpai plang petunjuk arah ke pantai Baros atau bisa melewati jalan raya Bantul menuju pantai Samas hingga sampai perempatan kreteg abang (jembatan merah) belok ke kiri hingga menjumpai plang penunjuk arah ke pantai Baros. Letak Hutan Mangrove Baros berada diantara pantai Depok di sisi timur dan pantai Samas di sisi barat.

Selamat mencoba ^_^


No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.