SOBOnDESO News

Blusukan ke Air Terjun Pucung Pundong


Air terjun Pucung atau yang lebih dikenal masyarakat dengan Grojogan Pucung terletak di Kampung Pucung, Seloharjo, Pundong, Bantul. Lokasinya tersembunyi di tengah hutan lereng Pegunungan Seribu sebelah barat yang masih sangat alami dan sepi dari pengunjung.

Air terjun Pucung memiliki debit air yang relatif stabil dan tidak kering di musim kemarau karena merupakan aliran dari sebuah sumber mata air, kondisi air sangat jernih dan mengalir dengan deras.



Menemukan informasi dari internet saya mencoba menyambangi air terjun ini, karena saya sangat penasaran dengan foto-foto yang diunggah nampak sangat meyakinkan untuk dikunjungi.

Air terjun Pucung masih sangat asing dan tidak pernah terdengar maupun saya ketahui sebelumnya, modal penasaran dan menimnya informasi saya menuju ke lokasi air terjun Pucung ini.


Dengan melewati jalur Imogiri/Siluk - Parangtritis yang kini kondisi jalannya sangat bagus, jalannya lebar, beraspal mulus dan cukup sepi kendaraan tak perlu waktu lama saya pun tiba di Desa Seloharjo, Pundong. Saya sempat ragu ketika saya mengambil jalan masuk ke kampung dari jalan raya namun faktor keberuntungan saya melewati jalan yang benar menuju kampung Pucung, di dalam kampung terdapat plang penunjuk ke arah lokasi air terjun melewati gang kampung yang menanjak yang sudah dicorblok.


Setelah sampai di ujung gang kondisi jalan merupakan jalan setapak yang menanjak dan agak licin, kendaraan saya parkirkan di halaman rumah warga yang lokasi berada di dekat ujung gang dan dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak di tengah hutan yang masih lebat nan alami.

Saat menyusuri jalan setapak terdengar suara gemericik air di dasar jurang yang berada tepat di sisi jalan setapak, hingga mentok pada sebuah aliran bangunan irigasi. Dan air terjun Pucung berada di atasnya, aliran air dari air terjun ini dibendung dan dialirkan ke kampung dengan melewati saluran irigasi dan selang ke rumah-rumah penduduk.

Rute menuju Air terjun Pucung ini sebenarnya cukup mudah, namun saat saya menyambangi tempat ini agak kesulitan karena tidak adanya petunjuk arah dari jalan raya.


Jika Anda dari Pundong atau jalan Imogiri/Siluk - Parangtritis silahkan menuju ke jembatan Kali Opak baru di Kelurahan Seloharjo, lurus saja jika dari Imogiri, belok kanan jika dari Pundong, pelankan kendaraan setelah sampai pada jalan masuk kampung yang kedua silahkan belok kiri melalui jalanan corblok hingga menemukan plang menunjuk arah ke lokasi air terjun, atau silahkan bertanya pada penduduk setempat.

Dan jika melewati jalan Parangtritis silahkan belok ke kiri setelah melewati jembatan jalan parangtritis menuju Desa Seloharjo Pundong, dan selanjutnya bertanya letak Kampung Pucung.

Di lokasi air terjun belum ada fasilitas tempat sampah dsb sehingga kita wajib menjaga kebersihan dan ke alamian air, karena air dari air terjun dimanfaatkan oleh warga setempat. "Selamat Blusukan"

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.