SOBOnDESO News

Pantai Glagah Indah, Wisata Pantainya Kulon Progo

Pantai Glagah Indah terletak di daerah Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar, terdapat di pesisir selatan Pulau Jawa. Pantai Selatan begitu sebagian besar masyarakat menyebutnya. Pantai yang sebagian orang menganggap penuh dengan aura mistis, karena melegendanya kisah Nyi Roro Kidul. Namun dibalik itu semua, pantai selatan mengandung begitu banyak keindahan hingga banyak wisatawan dari mancanegara maupun wisatawan lokal mengunjungi daerah pantai selatan Jawa ini.



Sebelum mencapai bibir pantai kita disuguhi oleh daratan berupa pasir, dan beberapa tumbuhan khas pantai. Pantai Glagah Indah ini terlihat masih sangat alami, karena memang belum ada sentuhan modernisasi di kawasan pantai. Hanya dengan tiket masuk seharga Rp.2000,-/orang kita bisa bebas menikmati pemandangan alam pantai Glagah Indah ini. Sepanjang lokasi pertama hingga beberapa ratus meter ke arah barat, anda bisa menjumpai sebuah laguna dengan aliran air yang menuju ke arah muara sungai. Laguna ini membagi kawasan pantai menjadi dua, lokasi yang masih ditumbuhi oleh beberapa tumbuhan pantai dan rerumputan dan lokasi gundukan pasir yang langsung berbatasan dengan lautan. Anda bisa menyeberang ke lokasi gundukan pasir melewati jalan penghubung yang terletak tak jauh dari muara sungai.

Selain wisata tirta, kegiatan wisata minat khusus yang dilakukan adalah olah raga yang berbentuk event. Event yang pernah diselenggarakan di Pantai Glagah adalah kejuaraan motocross untuk tingkat daerah. Event ini cukup mampu menarik pengunjung, baik sebagai peserta maupun sebagai penonton. Kejuaraan motocross direncanakan diselenggarakan setiap tahun memperebutkan piala bergilir Bupati Kulon Progo. Event lain yang dilaksanakan di Pantai Glagah adalah kejuaraan nasional bola volley pantai pada tahun 1997. Pantai Glagah juga mempunyai daya tarik untuk wisata budaya, yaitu upacara adat Merti desa. Upacara ini bertujuan untuk keselamatan penduduk desa Glagah. Kegiatan yang dilakukan adalah pertunjukan kesenian daerah seperti wayang dan jatilan. Selain upacara Merti Desa, pantai Glagah juga dipergunakan untuk upacara Labuhan dari Trah Mangkunegaran.


Letaknya yang begitu mudah dijangkau hanya beberapa kilometer saja dari pusat kota, menjadikan pantai Glagah Indah ini menjadi tujuan utama masyarakat sekitar Kulon Progo dan DIY untuk berekreasi. Anda bisa mendatangi pantai ini melalui kota Yogyakarta ke arah selatan maupun dari Kota Purworejo melalui kecamatan Purwodadi. Kondisi jalan yang mulus memudahkan anda untuk mengunjungi area pantai yang indah ini.


No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.