SOBOnDESO News

Eksotisme Lembah Kayangan Kulonprogo

pemandanga persawahan
Setelah beberapa bulan tidak mengup-date blog rasanya kangen juga ingin menyapa para sahabat pembaca yang kebetulan mampir ke blog SOBOnDESO.

ujung jalan
Langsung saja akan saya ceritakan sebuah tempat yang unik yang berada di daerah Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta atau tepatnya di Desa Pendowoharjo, Girimulyo, Kulonprogo. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat khas dan mungkin hanya satu-satunya di Propinsi DIY, yaitu sebuah tebing batu yang sangat tinggi ratusan meter dengan dasar aliran sungai dengan batuan cadas serta hutan yang masih asri di sekitarnya.

Hari Selasa kemarin saya iseng mengendarai sepeda motor saya sampai ke lereng perbukitan Menoreh, sebenarnya tidak ada acara jalan-jalan ke Kulonprogo hari itu hanya kebetulan saya harus mengantar isteri ke Kecamatan Cebongan, Sleman untuk mengikuti sebuah acara pelatihan. Untuk mengisi waktu saya coba cari tempat-tempat yang menarik untuk saya sambangi.





Saya tertarik untuk melihat suasana Sungai Progo, sesampainya di sungai Progo saya lanjutkan perjalan lebih ke barat lagi yaitu ke perbukitan Menoreh. Setelah melewati Pasar Kentheng mata terasa dimanjakan oleh hamparan persawah hijau dengan background perbukitan menoreh. saya berhenti sesaat untuk menikmati panorama alam dan mengambil gambar hijaunya persawahan dengan teras siringnya, tak lama kemudian saya lanjutkan perjalanan dengan medan jalan yang menanjak menaiki perbukitan Menoreh dengan diiringi rintik air hujan yang mulai turun. Tidak begitu jauh saya menaiki bukit terlihat papan petunjuk tempat wisata Lembah Kayangan di kanan jalan dan langsung saya arahkan kendaraan mengikuti arah papan petunjuk tersebut.

Nama tempat wisata Lembah Kayangan ini sudah saya kenal sebelumnya melalui internet dan sayapun sebenarnya sangat tertarik untuk mendatangi tempat ini. Setelah beberapa saat saya melewati jalanan kampung yang sudah dicor semen saya sampai di ujung jalan yang berupa sebuah aliran sungai yang cukup indah pemandangannya.
di Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo - See more at: http://jogjanews.com/hari-ini-upacara-adat-saparan-rebo-pungkasan--kembul-sewu-dulu-di-bendungan-kayangan-kulonprogo#sthash.oWOXPBFQ.dpuf
di Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo - See more at: http://jogjanews.com/hari-ini-upacara-adat-saparan-rebo-pungkasan--kembul-sewu-dulu-di-bendungan-kayangan-kulonprogo#sthash.oWOXPBFQ.dpuf
di Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo - See more at: http://jogjanews.com/hari-ini-upacara-adat-saparan-rebo-pungkasan--kembul-sewu-dulu-di-bendungan-kayangan-kulonprogo#sthash.oWOXPBFQ.dpuf
di Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo - See more at: http://jogjanews.com/hari-ini-upacara-adat-saparan-rebo-pungkasan--kembul-sewu-dulu-di-bendungan-kayangan-kulonprogo#sthash.oWOXPBFQ.dpuf


lembah kayangan
Di tempat ini saya benar-benar dibuat kagum dengan pemandangan yang disuguhkan, terdapat sebuah tebing tinggi yang menjadi ikon tempat tersebut, saat melihat tebing tinggi itu saya jadi teringat sebuah film dimana Sun Gokong si Kera Sakti dihukum pada sebuah tebing batu, mungkin tempat ini memiliki kesamaan dengan tempat di film itu.

Sayang sekali waktu itu hujan turun cukup deras sehingga saya tidak bisa berlama-lama di tempat ini, dan juga kedatangan saya juga disambut gongongan anjing hitam yang tidak henti-hentinya memperingatkan kedatangan saya sebagai orang asing. Saya tidak sempat mengeksplorasi tempat ini lebih banyak hanya sempat mengabadikan lewat kamera Hp dari ujung jalan saja.

Nb : Tempat ini juga dijadikan tempat upaca adat saparan (kembul sewu) setiap hari Rabu terakhir di bulan Sapar atau Rebo pungkasan

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.