SOBOnDESO News

Mampir di Gumuk Pasir

Motif unik gumuk pasir
Cerita kali masih dalam rangkain liburan kemarin, setelah tulisan sebelumnya saya bersama istri berlibur ke Pantai Depok dan sebelum pulang ke rumah kami sempatkan mampir untuk melihat fenomena alam yang langka di Indonesia yaitu di gumuk pasir.

Gumuk pasir ini membentang dari Pantai Depok hingga ke Pantai Parang Kusumo, gumuk pasir merupakan fenomena alam yang berupa gundukan-gundukan pasir yang membentuk bukit-bukit yang disebabkan oleh hembusan angin. Partikel pasir yang membentuk gumuk-gumuk pasir ini berasal dari material vulkanik Gunung Merapi yang terbawa arus aliran Sungai Progo dan Sungai Opak yang menuju ke laut selatan.
Telaga di tengah gumuk pasir
Setelah sampai di lokasi gumuk pasir kami segera berjalan melewati padang pasir yang luas dan menaiki gundukan-gundukan pasir yang memang jarang dijumpai di Indonesia, suasana memang mirip dengan gurun pasir sesungguhnya. Namun di gumuk pasir ini kondisi alamnya lebih subur karena berbagai tanaman nampak tumbuh subur di sini.

Dan nampak di tengah-tengah lokasi gumuk pasir ada genangan air hujan yang lumayan luas sehingga nampak seperti telaga atau oasis di tengah gurun. Di lokasi gumuk ini kita akan menjumpai tekstur/motif pasir yang unik karena proses alam. Sejauh mata memandang kita akan disuguhi panorama alam yang indah, yaitu gumuk pasir dengan latar belakang Pegunungan Seribu maupun gumuk pasir dengan latar belakang Samudera Hindia.
Oasis
Keelokan panorama gumuk pasir ini sudah mulai populer sehingga tempat ini sering di jadikan tempat memotret pre wedding, syuting film maupun video klip, tempat penelitian dan petualangan bagi para pecinta alam, di gumuk pasir ini juga dijadikan tempat manasik haji bagi calon jamaah haji karena kondisi alamnya mirip yang mirip dengan gurun pasir.

Jadi para pembaca bisa menyempatkan mampir di gumuk pasir ini saat berkunjung ke Pantai Parangtritis atau saat berkunjung di Pantai Depok.
Berlatar belakang laut selatan jawa

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.