SOBOnDESO News

Kali Opak yang Penuh Misteri

Sisi kali opak sebelah barat
Kali Opak adalah Sungai di Provinsi DIY yang melintasi Kabupaten Bantul, sungai ini bermuara di Samudera Hindia dan merupakan anak Sungai Gendol yang berhulu di Merapi.

Sungai ini memiliki misteri alam seputar gempa bumi di Jogja 27, Mei 2006 silam, karena merupakan jalur retakan gempa yang disebut dengan istilah Sesar Opak. Retakan gempa tersebut membentang dari Kecamatan Kretek hingga Kecamatan Prambanan yang meluluh lantahkan sebagian bangunan di Yogyakarta terutama di daerah dekat aliran Kali Opak.

Peta aliran kali opak
Kali Opak juga menyimpan berbagai potensi alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat di bantaran Kali Opak, masyarakat banyak yang membangun keramba untuk memelihara ikan, menambang pasir dan menjadikannya obyek wisata seperti daerah Bendungan Tegal di Imogiri.






Bendung Tegal ini berada di Desa wisata Kebonagung Imogiri yang jaraknya 17 kilometer arah selatan Kota Yogyakarta. Air dari bendungan dimanfaatkan untuk mengaliri persawahan di sekitarnya. Karena debit air yang cukup melimpah dan pemandangannya yang indah maka kawasan bendungan ini dijadikan tempat wisata air yang dilengkapi dengan fasilitas perahu naga, sehingga para wisatawan bisa mengitari kawasan bendungan dengan menaiki perahu.

Wisata air di bendungan tegal imogiri

Aktivitas penambangan pasir di kecamatan pundong
Misteri alam lainnya ialah fenomena muara Kali Opak yang selalu berpindah-pindah di antara Pantai Depok dan Pantai Samas, fenomena alam yang unik tersebut menarik perhatian dari para mahasiswa dan para peneliti Yogyakarta.





Seperti diketahui, muara sungai merupakan tempat bertemunya arus pasang surut air laut dengan air sungai yang saling berlawanan. Kondisi itu akan memberi pengaruh kuat pada proses sedimentasi. Pada kasus Kali Opak, sedimentasi material tersebut mengakibatkan terjadinya pembelokan aliran air ke arah barat atau kanan. Fenomena tersebut bisa diketahui dari hasil rekaman citra satelit. Lebih jelasnya silahkan klik di sini

Muara kali opak di pantai samas

6 comments:

  1. Yo je mas, muara kali opak penuh misteri q. Dalam 2 hari ini muara kali opak terbendung total. Permukaan air pada muara sudah menutup sebahagian sawah dan wah kalo sampe berlanjut pasti heboh deh. Sayangnya aku bukan fotograper dan gaptek. Jadi gak bisa buat laporan yang baik. Buat kawan2 yg peduli hayo ke samas sekarang, lihat betapa pasir yg menggunung menyelimuti muara dan membendungnya sehingga air sungai meluap membanjiri sawah pak dukuh samas dan sementara ini belum kelihatan akan berpindah kemana muaranya.
    ;:",.,2 .:0(02(0 3,,, muara kali opak terbendung total. Permukaan air pada muara sudah menutup sebahagian sawah dan wah kalo sampe berlanjut pasti heboh deh. Sayangnya aku bukan fotograper dan gaptek. Jadi gak bisa buat laporan yang baik. Buat kawan2 yg peduli hayo ke samas sekarang, lihat betapa pasir yg menggunung menyelimuti muara dan membendungnya sehingga air sungai meluap membanjiri sawah pak dukuh samas dan sementara ini belum kelihatan akan berpindah kemana muaranya.
    ;:",.,2 .:0(02(0 3,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal,ada rencana saya akan penelitian tentang kerusakan akibat sedimentasi di muara kali opak akibat dari letusan merapi, mohon kira nya daerah mana saja yang rawan banjir? thx

      Delete
  2. maturnuwun mas infonya.. muara kali opak memang sangat unik dan misterius

    ReplyDelete
  3. Hal itu sudah terjadi sejak zaman dulu...,,,. Saat saya kecil,rentang tahun 80an sampai 90an.saya sering menyaksikan fenomena perpindahan muara.

    ReplyDelete
  4. wow.. rumah jenengan dekat pantai samas kah?

    ReplyDelete
  5. Jadi pengin menelusuri sungai opak yg mrpkn titik temu sungai gendol dan bermuara di laut sltn ....sering berpindah antara pantai depok n samas...unik sekali...

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.