SOBOnDESO News

Gua Sumitro Kulon Progo


Gua Sumitro berada tidak jauh dari mulut goa Kiskendo. Hanya sekitar 200 meter di bawah gua Kiskendo. Gua ini mempunyai dua mulut vertikal dan horizontal dan di dalamnya mengalir sungai bawah tanah yang jernih. Merupakan gua alam di pegunungan Menoreh yang terletak 1200 m. di atas permukaan laut dengan hutan pinus disekitar gua dan berhawa sejuk.





Menurut cerita penduduk sekitar gua ini merupakan gua petilasan Pangeran Bambang Sumitro. Keadaan stalaktit dan stalakmit di dalam gua yang masih alami menambah pesona pemandangan alamyang sangat menakjubkan. Gua ini sangat digemari para pecinta alam dan caver juga oleh institusi untuk mengadakan penelitian ilmiah. Apabila melanjutkan perjalanan sekitar 2 km ke arah barat daya, wisatawan dapat menyaksikan petilasan perjalanan cinta “Bandung Bondowoso” berupa Watu Blencong, Gunung Kelir dan di Tamanan, Anda juga dapat menyaksikan secara utuh pesona kabupaten Kulon Progo dan waduk Sermo.





No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.