SOBOnDESO News

Ngadem di Kesejukan Hutan Pinus Dlingo

Hutan pinus yang rindang dan sejuk
Mencari tempat sejuk untuk liburan atau refreshing bersama keluarga di daerah Jogja, mungkin kebanyakan masyarakat akan berfikir Kaliurang atau Kali Adem di lereng Gunung Merapi adalah tempatnya. Yuups.. kedua tempat wisata itu memang menawarkan keindahan alam yang berupa keindahan alam dengan udara sejuk khas pegunungan.





Tapi sebenarnya ada sebuah tempat lain yang juga layak dijadikan alternatif untuk ngadem sekaligus berwisata alam, dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Jogja. Tempat wisata ini  berada di Kecamatan Dlingo, Bantul yang berupa kawasan hutan pinus yang cukup lebat dan berudara sejuk pastinya.

Menikmati keindahan alam yang asri dan gratis
Hutan pinus ini berada di jalur yang menghubungkan Kecamatan Dlingo dan Kecamatan Imogiri, tepatnya di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. Nuansa alam hutan pinus yang masih alami dan indah ini menjelma menjadi tempat tujuan wisata dengan sendirinya karena kawasan hutan pinus ini memang belum dikelola menjadi obyek wisata dan para wisatawan yang datang ke hutan pinus ini tidak dikenakan biaya retribusi sepeser pun (red gratis..tiss..)

Karena keindahannya hutan pinus ini juga sering dijadikan tempat untuk pemotretan prewedding, suting film, acara pertemuan keluarga, maupun hanya sekedar ngadem bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Seiring dengan ramainya wisatawan yang datang ke tempat ini dan tidak adanya fasilitas pendukung, sehingga para wisatawan yang kurang bertanggung jawab sering membuang sampah sembarangan dan melakukan aksi vandalis yang tentu saja menciptakan pemandangan kurang sedap. 

Aksi tangan jahil
Tidak jauh dari kawasan hutan pinus ini terdapat tempat satu obyek wisata yang juga layak untuk dikunjungi yaitu Kebun buah mangunan yang juga masih berada di kawasan Kecamatan Dlingo. Tepatnya di desa Mangunan yang memiliki ketinggian sekitar 250 mdpl dan hawanya juga cukup sejuk.

Di kebun buah ini ditanam berbagai jenis buah-buahan seperti mangga, durian, rambutan, jeruk, jambu air, belimbing, durian dan masih banyak lagi. Namun sayang kemarin waktu saya bersama istri datang ke tempat ini sedang tidak musim buah apapun, dan untuk masuk ke kawasan kebun buah ini pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp.5000 per orang.

Puncak mangunan yang ramai dikunjungi wisatawan
Masih dalam kawasan kebun buah terdapat sebuah puncak bukit yang menawarkan pemandangan alam yang unik dan indah, bahkan jarang dijumpai di kawasan Jogja, yaitu Puncak Mangunan. Dari puncak ini sejauh mata kita memandang akan disuguhi pemandangan alam yang berupa deretan Pegunungan Sewu dan aliran Kali Oya yang berkelok meliuk bagaikan ular raksasa yang membelah perbukitan.

Di komplek wisata kebun buah ini sudah didukung fasilitas yang cukup lengkap seperti pendopo, gasebo, gardu pandang, kantin, Toilet,kolam, tempat bermain untuk anak-anak dan sebagainya, namun sayang banyak fasilitas yang terbengkalai dan tak terawat dengan baik.

Kali oya dan pegunungan sewu
Untuk mencapai ke puncak para pengunjung bisa membawa kendaraanya hingga di puncak dengan melewati jalanan yang cukup menanjak dan kondisi aspal yang sudah rusak, para pengunjung juga bisa mencapai puncak dengan hanya berjalan kaki dengan melewati ratusan anak tangga.

Rumput yang bergoyang

12 comments:

  1. I love JOGJAAAAA,....!!!!,
    wah gilak, keren bgtt. aku cah jogja malah lagi reti. #woh. padahal ming dlingo.
    **keren mas jepretan e. neg angsal retos, ngagem kamera nopo?

    ReplyDelete
  2. maturnuwun kunjungannya,,, pake kamera sejuta umat canon 1000D

    ReplyDelete
  3. owww,....!! nggih sami-sami. kunjungan balik ipun ditunggu<>

    ReplyDelete
  4. info Dlingo Paling lenggkap dan Http://www.margi-rekaos.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. maturnuwun infonya... langsung ke TKP

    ReplyDelete
  6. Katanya itu hutan pinus untuk produksi Kang? Soalnya pinus bukan vegetasi alami di Mangunan. Bener ndak yah?

    ReplyDelete
  7. seperti mmg ditanami mas, dan mungkin kelak akan diambil getahnya

    ReplyDelete
  8. Subkhanallah alam ciptaan Allah SWT, sangat bagus dan menarik semoga kita bisa merawatnya

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.