SOBOnDESO News

Gumuk Pasir Parangtritis, Gurun Pasirnya Yogyakarta


Gumuk Pasir Parangtritis membentang dari Pantai Depok hingga ke Pantai Parang Kusumo, gumuk pasir ini merupakan fenomena alam yang berupa gundukan-gundukan pasir yang membentuk bukit-bukit yang disebabkan oleh hembusan angin. Partikel pasir yang membentuk gumuk-gumuk pasir ini berasal dari material vulkanik Gunung Merapi yang terbawa arus aliran Sungai Progo dan Sungai Opak yang menuju ke laut selatan.

Fenomena alam gumuk pasir ini sangat langka bahkan hanya satu-satunya di Indonesia, sehingga tempat ini sering di jadikan tempat memotret pre wedding, syuting video klip, empat penelitian dan petualangan bagi para pecinta alam. Di gumuk pasir ini juga dijadikan tempat manasik haji bagi calon jamaah haji, serta di bangun sebuah Museum Geospasial Gumuk Pasir dan laboratorium untuk kegiatan dan rekreasi yang dilengkapi dengan beberapa instrumen dan pustaka tentang geospasial dan ilmu kebumian.



Museum Alam dan Ekologi Pesisir Pantai Parangtritis Yogyakarta


2 comments:

  1. wauwh..kewrenz begete..!! aq juga seorang pengagum alam raya..boleh sharing ya.. aq pengagumalam@gmail.com

    ReplyDelete
  2. monggo2, maturnuwun udah mampir... smoga bermanfaat

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.