SOBOnDESO News

Gua Langse Yang Mistis


Gua Langse terletak di kaki tebing pantai Parangtritis, Warga sekitar juga menyebut Gua Langse sebagai Gua Kanjeng Ratu Kidul yang juga ditulis oleh Dr. Hermanus Johannes de Graaf, ilmuwan Belanda yang mengkhususkan diri dalam pengkajian tanah Jawa.

Konon di gua ini pernah bersemedi pula Syekh Siti Jenar maupun Sunan Kalijaga, dan sering dikunjungi oleh raja-raja Mataram.



Dari pantai Parangtritis untuk menuju Gua Langse masih harus berjalan sekitar 3 km ke arah timur menaiki perbukitan. Sebelum menuju ke gua, Anda akan diminta mengisi buku tamu dan memberi donasi bagi perawatan gua. Dari sini Anda harus berjalan kaki sekitar 750 m menyusuri jalan setapak di antara rerimbunan ladang. Anda juga bisa diantar oleh salah seorang penjaga, langsung menuju ke gua.

Sesampainya di bibir tebing atas gua langse Anda jangan kaget dan merasa ngeri, ketika melihat rintangan dan medan yang akan dilewati menuju lokasi gua. Jalan menuju ke kaki tebing tempat Gua Langse berada berupa campuran antara tangga yang sudah lapuk, akar, dan tonjolan bebatuan. Dengan ketinggian tebing, 300-400 m dan nyaris tegak lurus dengan suara deburan ombak yang keras menerjang tebing dan karang-karang.

Setelah sesampainya di gua, pengunjung bisa menikmati panorama alam yang sungguh menakjubkan dengan perpaduan alam yang indah. Terbayar sudah capek dan kengerian di sepanjang perjalanan.



No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.