SOBOnDESO News

Gua Cereme, Antara Mistis dan Eksotis



Gua Cereme adalah gua alam yang masih sangat alami, cocok bagi para caver dan para petualang. Gua ini terletak kurang lebih 30 km. disebelah selatan kota Yogyakarta, tepatnya di dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kec. Imogiri Bantul. Daerah ini dapat ditempuh dengan menggunakan bus jurusan Yogyakarta - Imogiri - Panggang, turun di dipertigaan Silok kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan jurusan dusun Srunggo. Kondisi jalan beraspal sampai didusun terakhir Srunggo yang terletak kurang lebih 1,5 Km dari mulut Goa.




Untuk mencapai lokasi gua Cereme pengunjung harus berjalan kaki dari Dusun Srunggo dengan gardu pandang bagi pengunjung untuk menikmati keindahan panorama alam sekitarnya. Panjang goa ini kurang lebih 1300 meter sekitar 1 jam perjalanan di dalam gua. Anda akan dibuat takjub dengan keindahan ornamen stalakmit dan stalaktit dinding alam yang sungguh menakjubkan. Agar Anda tidak tersesat maka jangan lupa membawa senter karena di dalam gua sangatlah gelap dengan lorong-lorong gua yang bercabang, Anda juga harus memakai helm untuk melindungi kepala anda karena banyak lorong gua yang menyempit dengan situasi gua yang penuh dengan air sedalam setengah meter lebih. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka ajaklah jasa pemandu gua cereme.



Gua cereme ini juga dipercaya masyarakat dulu dipakai walisongo ketika mereka mengadakan pertemuan mereka, juga menjadi tempat mereka mendirikan sholat.
Selain itu gua cereme dipercaya juga menjadi tempat pertemuan antara Nyai Roro Kidul dengan Hamengku Buwono I. ada suatu tempat datar di dalam gua yang dinamakan kraton. Menurut penduduk setempat di tempat itulah pertemuan mistis spiritualis itu diadakan.

Karena kepercayaan spiritual yang dianut oleh warga di sekitarnya maka gua ini tetap terjaga kealamiannya luput dari perusakan manusia!

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.