SOBOnDESO News

Gunung Api Purba Nglanggeran Aktif Lagi?

Bentang alam nglanggeran
Gunung api purba Nglanggeran yang terletak di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul,Yogyakarta. AKhir-akhir ini, Gunung Api Purba yang sudah tidak aktif lagi selama 60 juta tahun ini dikabarkan aktif lagi, kontan berita ini membuat heboh masyarakat Yogyakarta terutama yang tempat tinggalnya tidak jauh dari lokasi gunung purba ini.

Berita yang dikabarkan oleh beberapa media ini bukannya tanpa alasan, karena sudah seminggu terakhir dari tulisan ini saya publish, warga sekitar gunung Nglanggeran merasakan getaran dan suara gemuruh dari gunung yang sudah lama tidak aktif ini. Tidak hanya itu, warga juga melihat kepulan asap agak tinggi seperti gunung berapi, bukan seperti awan.Dikutip dari sebuah berita online.

Bukit-bukit dengan batuan besar dan unik
Lepas dari benar atau tidaknya Gunung Api Purba Nglanggeran ini aktif lagi, ada sesuatu yang harus diketahui oleh para pembaca yaitu keindahan yang bisa dikatan amazing. Dari pengalaman saya bersama teman-teman saya waktu berpetualang dan mengeksplor ke gunung ini beberapa waktu yang lalu, kami menjumpai pemandangan yang benar-benar ajaib dan jarang ditemui ditempat lain.

Amazing
Pemandangan yang ajaib itu ialah bukit-bukit batuan alam yang besar, dan batu-batu ini bukan batuan biasa. Setelah diteliti oleh para pakar batuan ini berupa material vulkanik tua dan bentang alam di kawasan Nglanggeran ini memiliki keindahan yang menakjubkan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi.

Cocok juga buat pacaran
Bagi para pembaca yang mungkin tertarik untuk mengeksplor keindahan gunung api purba ini tidak usah cemas dengan berita akan aktifnya kembali gunung yang sudah lama tidak aktif ini, karena Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, sudah datang ke lokasi dan melakukan penelitian, dan menyatakan gunung api purba ini dalam kondisi aman dan kecil kemungkinan untuk aktif lagi. Namun kalau menurut saya pembaca tetap harus hati-hati karena fenomena alam sangat sulit untuk ditebak.

Satwa liar di nglanggeran
Karena banyaknya potensi geologi di Kabupaten Gunung Kidul yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri serta sudah dilakukan pengelolaan berbasis masyarakat, maka kawasan ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk dan kawasan wisata caving tubing Kali Suci, Semanu Gunung kidul, Yogyakarta dinyatakan sudah memenuhi syarat untuk diajukan kepada jaringan Global Geopark Network United Nations Educational, Scientific and Cultural organization (GGN-UNESCO)

Pemandangan dari atas puncak nglanggeran

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.