SOBOnDESO News

Wediombo Pantai yang Sejuk

Ombaknya kecil dengan batuan karang yang unik
Kawasan Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Giri Subo, Gunungkidul, DIY, sekitar 40 km arah tenggara kota Wonosari dan dapat ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan. Kawasan panti ini sangat cocok untuk liburan keluarga dengan kesejukan udara dan ombak yang relativ kecil khas dari Pantai Wediombo, bagi yang suka memancing, pantai ini juga cocok untuk hobi tersebut.

Selain menampilkan keindahan pantainya kawasan ini juga mempunyai beberapa obyek wisata lainnya yaitu seperti gua, hutan alam, camping ground dan kawasan konservasi satwa liar.

Pantai pasir putih dengan tumbuhan yang rindang
Pantai ini memiliki pasir putih dan batu karang unik yang terhampar dengan sangat indahnya. Pantai Wediombo ini sangat sejuk karena di sepanjang pantai ditumbuhi pohon-pohon rindang yang berjajar dan berlatar belakang bukit pegunungan karst. Pantai Wediombo merupakan bagian teluk yang menghadap ke barat sehingga dapat melihat matahari tenggelam/sunset dengan sempurna.



Pantainya tenang, ciri khas pantai wediombo
Adanya pegunungan karst mengakibatkan terbentuknya beberapa gua-gua dan beberapa sungai bawah tanah yang merupakan karakteristik khas topografi karst. 

Sebagian besar penduduk dari Kawasan Pantai Wediombo mempunyai mata pencaharian sebagai petani tradisional. Sebagian lainnya juga ada yang bermata pencaharian sebagai nelayan tradisional yang menggunakan alat pancing sebagai alat tangkapnya. Daerah ini didominasi oleh suku Jawa tetapi mempunyai ciri khas logat bicaranya seperti daerah Banyumasan atau ngapak.

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.