SOBOnDESO News

Memburu Curug Perawan di Sidoharjo, Kulon Progo

Hamparan sawah menuju lokasi air terjun
Mendengar cerita adanya sebuah curug yang masih alami di daerah Samigaluh, Kulon Progo, sempat membuat saya tidak percaya. Setelah saya browsing di internet melalui "Mbah Google" pun hanya sedikit informasi yang saya peroleh. Karena perburuan saya bersama rekan-rekan ke curug yang juga sering disebut Curug Perawan ini sudah beberapa bulan yang lalu, jadi kala itu masih jarang Blog yang membahas dan memposting adanya curug yang masih alami ini. Dengan minimnya informasi yang kami dapat, tidak menyurutkan niat saya dan rekan-rekan, malah membuat penjelajahan ke curug ini semakin seru.

Curug Sidoharjo ini tepatnya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 5 km dari Pasar Dekso, setelah sampai di MTs Sidoharjo belok ke kiri dan melewati jalan yang menanjak, dan selanjutnya harus melawati jalan setapak di pinggir sawah dan hutan.

Satwa yang menemani perjalan menuju curug
Dalam menelusuri jalan setapak yang berada di pinggir persawahan dan lereng perbukitan, kita akan menjumpai banyak sekali satwa dan bermacam bunga yang warna-warni. Mata kita juga akan dimanjakan dengan hamparan persawahan hijau dengan nyanyian alam yang merdu, benar-benar nuansa alam yang membuat pikiran kita menjadi fresh kembali setelah penat melanda.





Bunga-bunga menghiasi sekitar curug
Setelah menyusuri jalan setapak dengan nuansa alamnya yang begitu damai dan mengesankan, kita akan mendengar derasnya air terjun di balik pepohonan. Dilokasi terdapat dua air terjun, namun air terjun yang berada di belah kiri airnya tidak terlalu besar dan jatuhnya pun tidak langsung menghantam dasar air terjun tetapi merambat melalui bebatuan di lereng bukit. Berbeda dengan air terjun yang berada di sisi kanan, airnya cukup deras dan langsung menghantam ke dasar air terjun yang di sekitarnya terhampar tanaman bunga-bunga.

Jika Pembaca berminat menjelajahi dan membuktikan air terjun alami ini, saya sarankan untuk datang di musim penhujan karena jika datang di musim kemarau debit airnya akan surut.

Curug perawan di sidoharjo salah satu air terjun unik di yogyakarta
Curug ini memiliki ketinggian sekitar 70-75 meter yang mengalir dari atas tebing batu cadas, di tempat ini jika kita beruntung disamping melihat air terjun anda juga akan menemui kera ekor panjang yang bergelantungan di tebing-tebing.

Asyik mengeksplor

9 comments:

  1. aku sing perak we malah durung tau tekan kono je hahahaha

    ReplyDelete
  2. curug-curug sing nang nglinggo yo apik mas

    ReplyDelete
  3. Waw, ada yg tahu koordinatnya? ^^

    ReplyDelete
  4. maav mas yoyo.. saya kurang faham untuk koordinat tempatnya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. minta ijin menggunakan fotonya ya mas...

    ReplyDelete
  7. ak kemaren udah kesana adalah banyune asat... :D

    ReplyDelete
  8. mungkin kesana lg pas musin penghujan mas, pasti terobati kekecewaannya

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.