SOBOnDESO News

Ziarah ke Makam Ki Ageng Pandanaran

Gapura panemut di dalam lokasi makam
Makam Ki Ageng Pandanaran terletak di Bukit Jabalkat Desa Paseban Kecamatan Bayat, kurang lebih sekitar 15 kilometer ke arah Selatan dari kota Klaten. Berawal dari cerita teman sekantor yang tempat tinggalnya asli dari Klaten, dia menceritakan bahwa di klaten ada sebuah makam yang cukup terkenal yang letaknya berada di atas bukit mirip dengan makam raja-raja di Imogiri yaitu makam Ki Ageng Pandanaran.

Saking penasarannya saya mengajak temen saya ini untuk mengantarkan ke lokasi makam itu, dan kebetulan saat itu kami sedang ada pekerjaan untuk mencari gambar-gambar (foto) ke luar kantor yaitu ke daerah Juwiring Klaten. Setelah pengambilan gambar tentang proses pengolahan kayu selesai , kami pun segera beranjak dan langsung meluncur ke daerah Bayat yaitu ke Lokasi makam Ki Ageng Pandanaran.

Koleksi bedug di masjid golo
Sesampainya di lokasi kita akan menjumpai dua buah gapura yaitu gapura segara muncar dan gapura dhuda di kaki bukit Jabalkat, selanjutnya kita harus menaiki sekitar 250 anak tangga samapi masuk bangsal peristirahatan. Di dalam komplek ini ada sebuah masjid yang berumur sudah sangat tua yaitu Masjid Golo, selain masjid kuno di dalam komplek ini juga memiliki banyak gapura yang bergaya hindu jawa. Dari atas bukit Jabalkat ini kita akan jumpai kesejukan dan pemandangan alam yang indah, yaitu Pegunungan Seribu di sebelah selatan serta lanskap Kota Klaten.

Lokasi gentong sinaga
Setelah melewati gapura yang terakhir yaitu gapura prabayeksa, kita akan menjumpai gentong sinaga yang dulu sering mengisinya adalah murid Sunan Padang Aran/Ki Ageng Pandanaran, yang namanya Syeh Dombo. Air yang di gentong sinaga ini dulunya untuk wudlu Sunan beserta sahabatnya bila sholat tiba. Sedangkan tempat pasarean Sunan Padan Aran berada di dalam sebuah regol yang disebut regol sinaga, makam beliau berada di antara makam istri-istri dan kerabatnya.

Bener-bener pengalaman yang berharga di tengah kesibukan bekerja masih bisa mampir ziarah di makam Sunan Pandan Aran, walau sedikit korupsi waktu kerja.

Regol sinaga, tempat pasarean sunan pandanaran

2 comments:

  1. kapan wisata sejarah, dan religi di daerah bantul di kupas mas....tak tunggu lho postingane....

    ReplyDelete
  2. insya Allah mas..ditunggu aja, selain makam raja2 imogiri, bantul dan sekitarnya masih banyak tempat wisata sejarah dan religi yg belum sempat saya ekplor..

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.