SOBOnDESO News

Candi Plaosan Kidul

Candi Plaosan Kidul berada tidak jauh dari komplek Candi Plaosan Lor, yaitu di sebelah selatannya. Secara geografis komplek candi ini masuk di wilayah Kabupaten Klaten atau tepatnya di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten.

Candi Plaosan Kidul ini sering juga dianggap kembar dengan Candi Plaosan Lor, karena kedua komplek candi ini memiliki beberapa kemiripin jika dilihat dari kejauhan. Candi Plaosan Kidul ini juga memiliki pendopo, di bagian tengah yang dikelilingi 8 candi kecil yang terbagi menjadi 2 tingkat dan tiap-tiap tingkat terdiri dari 4 candi. Ada pula gambaran Tathagata Amitbha, Vajrapani dengan atribut vajra pada utpala serta Prajnaparamita yang dianggap sebagai "ibu dari semua Budha". Beberapa gambar lain masih bisa dijumpai namun tidak pada tempat yang asli.

4 comments:

  1. ini kapan kesananya mas? waktu aku kesana lebaran kemaren pintu gerbangnya gembokan, dan beberapa candi perwara sedang dipugar karena atasnya ditutup dengan terpal..

    ReplyDelete
  2. sore tadi mas,, dl jg udah mampir tp dikrukup terpal. td mampir lg untung udah ilang terpalnya.. posting candi plaosannya bs bareng mas ^_____^

    ReplyDelete
  3. widihhh.. berarti masih fresh from the oven ya, karena kan baru tadi sore.. hehehe..

    jadi itu yang ditutupin terpal udah selesai dipugar?

    ReplyDelete
  4. iyo mas msh anget, bagus yang lor ya bentuk candinya.. dan sekitare sawah2 tambah fresh viewnya

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.