SOBOnDESO News

Goa Cerme Penghubung Dua Kabupaten

Panorama alam dari depan goa
Goa Cerme adalah sebuah goa alam yang terletak di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul mempunyai panjang lorong kurang lebih 1.200 meter, dengan stalakmit dan stalaktit yang indah di dalam goa. Goa Cerme konon dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa, sedang kata cerme berasal dari kata ceramah yang mengisyaratkan pembicaraan yang dilakukan walisongo.

Untuk mencapai lokasi goa kita harus melewati jalanan yang menanjak dengan hamparan sawah dan ladang hijau yang membuat perjalanan terasa lebih "fresh" dan menyenangkan. Walaupun lokasi goa berada di perbukitan, namun bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pintu masuk goa berada di wilayah bantul
Goa Cerme ini menghubungkan  dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul. Karena pintu masuknya berada di Kecamatan Imogiri Bantul dan pintu keluarnya berada di Kecamatan Purwosari Gunung Kidul.

Selain memiliki keindahan stalakmit dan stalaktit dengan aliran air jernih dari mata air, goa ini juga memiliki sebuah air terjun dan batu-batu unik di dalam goa yang berselimutkan berbagai mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat maupun para pengunjung.

Suasana dalam goa
Di tengah penjelajahan di dalam goa, kita akan dibuat kagum dengan guratan-guratan relief alam yang menghiasi dinding goa, dan sesekali harus berendam di air ketika harus melewati celah yang sempit dan dipenuhi oleh air. Goa ini memiliki cabang, sehingga sebaiknya kita menggunakan jasa gaet yang akan memandu kita hingga ujung goa dengan melalui jalur yang aman. Karena salah satu jalurnya lebih dalam dan bisa menyesatkan para pengunjung.

Pintu keluar berada di wilayah gunung kidul
Setelah melewati kegelapan goa yang lembab dan penuh air yang panjang seakan-akan tidak ada ujungnya, kita akan segera merasakan semilir angin dan cahaya matahari yang menerobos hitamnya suasana goa. Akhirnya bisa menghirup udara segar dan melihat sinar matahari lagi, ketika keluar dari goa ini kita sudah berada di Kabupaten Gunung kidul, karena pintu keluar goa ini berada di Kecamatan Purwosari, Gunung Kidul.

Wilayah purwosari

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.