SOBOnDESO News

Napak Tilas Telaga Sanden yang Hilang

Tanah embag bekas telaga
Berawal dari postingan sebuah situs yang membahas tentang sebuah telaga di Kecamatan Sanden yang kini sudah menghilang bagai tak berbekas, kebetulan saya dahulu pernah beberapa kali datang ke telaga tersebut.  Telaga ini dahulu mempunyai luas sekitar 100 hektar dengan kedalaman 1,5 hingga 2 meter, telaga ini juga sering disebut oleh masyarakat sekitar dengan istilah penggik yang berada di tengah areal persawahan, tepatnya berada di Dusun Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul.

Seperti  telaga pada umumnya telaga di Sanden ini juga sering dijadikan tempat mandi bagi anak-anak dan juga sebagai tempat memancing ikan yang cukup ramai.
Sepeda tua di lokasi embag
Kemarin saya mencoba untuk mengunjungi ke lokasi telaga tersebut, dan ternyata keadaan telaga tersebut memang seperti yang diceritakan oleh situs di atas. Kini hanya terlihat bentangan sawah dan rawa-rawa kecil yang seakan tidak  menyisakan jejak adanya sebuah telaga di masa lalu.

Fenomena hilangnya telaga ini meninggalkan areal tanah yang bisa bergoyang-goyang dan mendhut-mendhut bila diinjak, fenomena tanah yang bisa bergoyang ini juga disebut oleh masyarakat dengan istilah embag.
Persawahan di sekitar embag
Pembentukan embag ini terjadi setelah adanya sistem drainase sampai ke sungai progo, sehingga membuat telaga ini semakin mengering dan melalui proses alam yang cukup lama perlahan telaga ini tertimbun tanah dan dimanfaatkan oleh petani dengan ditanami padi.

Jadi, sering kali kerusakan alam ini manusialah yang menjadi sumber penyebabnya.

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.