SOBOnDESO News

Panorama Bukit Karst Pegunungan Sewu

Wonosari ibu kota gunungkidul
Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak sekali panorama alam yang menjadi daya tarik para wisatawan dan backpackers dari Jogja maupun luar Jogja. Kondisi alam Kabupaten Gunungkidul merupakan daerah pegunungan kering dan tandus dengan topografi karst yang terbentuk dari proses pelarutan batu kapur, bentang alam perbukitan karst ini juga sering disebut Pegunungan Sewu (Seribu) yang membentang dari Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Wonogiri, hingga Kabupaten Pacitan.





Kabupaten Gunungkidul memiliki luas wilayah sekitar 1.485,36 km2, dibagi menjadi 18 Kecamatan dan 144 desa dengan Wonosari sebagai ibu kotanya.

Bukit karst yang berbentuk kerucut
Kabupaten Gunungkidul memiliki kurang lebih 13.000 km² kawasan karst, meliputi bentukan positif atau perbukitan karst yang jumlahnya sekitar 40.000 bukit yang berbentuk kerucut dan di bagian negatifnya berupa lembah-lembah karst dengan telaga karst yang meliputi goa-goa karst dengan stalaktit dan stalakmitnya yang alami dan indah, dan beberapa aliran sungai bawah tanah.

Dengan memiliki banyak keberagaman tempat wisata alam yang unik menjadikan Gunungkidul menjelma sebagai salah satu destinasi penting dalam bidang pariwisata di Yogyakarta.

Kondisi jalan di gunungkidul
Tempat-tempat yang menarik yang ditawarkan di kawasan karst di Pegunungan Sewu; Goa-goa alami yang cocok untuk disusur dan dijelajahi seperti Goa Cerme, Goa Seropan, Goa Bribin, Goa Grubug, Goa Jomblang dan Goa Kalisuci. Bagi yang suka petualangan minat khusus juga tersedia tebing-tebing alam untuk dicoba seperti tebing di Pantai Siung, tebing Seropan Watu Gupi, dan Parang Endog.

Di Pegunungan Sewu juga terdapat tempat-tempat yang memiliki fenomena alam yang langka yaitu Bekas aliran Bengawan Solo Purba yang letaknya dekat dengan Pantai Sadeng, fenomena alam lainnya ialah Bukit Nglanggeran yang diyakini sebagai bekas gunung api purba yang pernah aktif jutaan tahun yang lalu. Untuk mencapai ke tempat-tempat tersebut kita akan melewati jalan yang berliku dan naik turun dengan pemandangan Perbukitan karst di kanan kiri, walaupun di daerah pegunungan namun kondisi jalannya kebanyakan sudah diaspal mulus... "Selamat menjelajah" 

Aliran kali oya

2 comments:

  1. blognya keren mas, tentang jalan2 menikmati keindahan alam.
    aku juga suka jalan2, tapi jarang bgt. karena nggak ada modal buat jalan2. hehe

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.