SOBOnDESO News

Mie Lethek, Kuliner Bantul yang Ngangeni

mie lethek khas bantul
Mie lethek ialah salah satu kuliner dari Bantul yang berbahan tepung tapioka dan diproduksi dengan cara yang masih tradisional. Jenis kuliner ini sangat unik karena memiliki warna yang keruh kecoklatan  sehingga tampak kurang menarik, karena warna keruhnya itulah mie ini disebut dengan Mie Lethek. Walau memiliki tampilan yang kurang menarik, namun citarasa mie lethek ini sungguh istimewa dan ngangeni di lidah.






Mie lethek juga sering disebut mie bendo karena mengambil nama sebuah kampung yang memproduksi mie ini yaitu Desa Bendo, Trimurti, Srandakan, Bantul. Cara pembuatan mie lethek ini pun cukup unik, karena menggunakan tenaga sapi untuk menggiling adonan mie. Pamor mie ini sempat redup karena harus bersaing dengan berbagai macam produk mie instan yang ditawarkan di masyarakat,  namun seiring waktu keberadaan mie lethek ini kembali eksis dengan tetap mempertahankan citarasanya yang khas.

Biasanya mie lethek disajikan dengan digodog atau digoreng, dengan dilengkapi ceplokan telur bebek dan suiran daging ayam kampung. Untuk bisa menikmati kelezatan mie lethek yang melegenda silahkan saja datang ke Bantul, dan kebanyakan warung yang menghidangkan kuliner ini buka pada malam hari.

8 comments:

  1. ngglinding semakin cantik mas jo.
    Joooss....... \m/

    ReplyDelete
  2. dewanty=ayo kapan2 nyoba... mas rahmat=maturnuwun mas...\m/

    ReplyDelete
  3. Pernah makan mie Mbak Mo di Bantul tapi itu mie lethek atau bukan ya? Ada info tepatnya dimana bs menikmati si mie lethek yg ngangeni ini? hehehe...

    ReplyDelete
  4. mie mbahmo itu pake mie jawa, jd beda dengan mie lethek.. datang aja ke pasar mangiran srandakan, disana ada yang jual

    ReplyDelete
  5. Datang saja di warung kami Mi Lethek Bantul Mbah Mendes Meguwoharjo, Jl Ringroad Utara sebelum belok ke stadion Tajem, (Kulon LotteMart).

    ReplyDelete
  6. Di bakul sayur pasti jualan, kadang suka beli juga..
    Maaf numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik.blogspot.com
    Terimakasih :)

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.