SOBOnDESO News

Tradisi Takbir Keliling di Sanden Bantul

start dari depan pendopo kelurahan
Sudah menjadi tradisi masyarakat Sanden Bantul memeriahkan malam takbiran dengan mengadakan pawai takbir keliling, seperti yang kemarin malam Ahad 05/11/11 digelar oleh Karang Taruna Murtigading Sanden. Namun pawai lomba takbiran kali ini sedikit berbeda dengan lomba-lomba sebelumnya yang selalu digelar untuk menyambut Idul Fitri maka lomba kali ini untuk menyambut Idul Adha 1432 H.

Walau mengambil momentum yang berbeda, acara kali ini pun tetap meriah dengan menampilkan sembilan peserta yang menampilkan aksi dan kekreatifan dari setiap regu pawai. Nampak para setiap peserta pawai begitu bersemangat menampilkan aksi-aksi terbaiknya, lengkap dengan tema dan maskot yang diusung setiap regu.
peserta lomba
peserta lomba bersemngat
Gema takbir pun membahana di sepanjang jalan protokol Kecamatan Sanden, dengan diiringi berbagai musik yang menambah semarak malam takbiran. Para penonton pun sangat antusias menyaksikan atraksi peserta lomba walau malam itu hujan penuh barokah menyapa peserta lomba dan masyarakat Sanden yang sedang menonton.


Satu per satu regu peserta lomba meninggalkan start dari halaman pendopo Kelurahan Murtigading dan dengan tertib melewati rute yang sudah ditentukan oleh panitia, gema takbir menyatu dengan rintik hujan menambah khidmat para peserta lomba.
para penonton sangat antusias

tetap semangat sampai finish
Setelah melewati rute dan beberapa pos juri yang sudah ditentukan panitia, peserta lomba pun sampai ke titik finish yaitu halaman pendopo Kelurahan Murtigading yang juga merupakan titik start lomba. Hujan rintik-rintik pun masih turun dan para peserta lomba yang sudah finish segera berteduh dan beristirahat setelah melakukan aksi penutup di halaman pendopo. Beberapa saat kemudian panitia pun mengumumkan juara lomba takbir keliling yang sudah diputuskan oleh dewan juri.  Siapapun juaranya saya ucapkan selamat semoga lebih kreatif lagi di masa mendatang, bagi yang belum dapat juara AYO LEBIH SEMANGAT LAGI!!!

Keesokan paginya yang sejuk dan mendung yang masih menggantung masyarakat Sanden menggelar Sholat Idul Adha dengan khidmat dan menyembelih hewan qurban. "Selamat Idul Adha 1432 H."
bolang bersemangat ikut lomba takbir

berqurban di pagi harinya

2 comments:

  1. kyke seru..
    mampir blog baruku dong mas, yg lama ke hapus. www.dewanty09.blogspot.com

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.