SOBOnDESO News

Makam Raja-Raja Mataram Imogiri

Pajimatan "Girirejo" Imogiri merupakan makam raja-raja Mataram (Surakarta dan Yogyakarta) yang terletak 17 kilometer ke arah selatan dari Kota Yogyakarta melalui Jalan Pramuka - Imogiri.

Mitos setempat menyatakan bahwa barang siapa bisa menghitung jumlah tangga secara benar (jumlahnya ada 345 anak tangga) maka cita-citanya akan terkabul. Tata cara memasuki makam di tempat itu sama dengan di Astana Kotagede, dimana setiap pengunjung diharuskan memakai pakaian tradisionil Mataram, pria harus mengenakan pakaian peranakan berupa beskap berwarna hitam atau biru tua bergaris-garis, tanpa memakai keris, atau hanya memakai kain/jarit tanpa baju. Sedangkan bagi wanita harus mengenakan kemben.




Raja-raja Mataram yang dimakamkan di tempat itu antara lain : Sultan Agung Hanyakrakusuma, Sri Ratu Batang, Amangkurat Amral, Amangkurat Mas, Paku Buwana I, Amangkurat Jawi, Paku Buwana II s/d Paku Buwana XI. Sedangkan dari Kasultanan Yogyakarta antara lain : Hamengku Buwana I s/d Hamengku Buwana IX, kecuali HB II yang dimakamkan di Astana Kotagede.

3 comments:

  1. lumayan juga ide buat blog , cuma sayangnya ada hal yg kontradiktif ketika ada anak yang jilbaban harus bertelanjang sekedar ikut ritual yang gak jelas dan berbau agak mistis..kurang pas saja kayaknya..

    MAS Joned Gandaria

    ReplyDelete
  2. thanks bro.. pada dasarnya kt kesana hanya untuk berekreasi dan ziarah saja gak ada niat yang berbau syirik. soal temen km yg melepas jilbabnya terus memakai kemben itu karena merupakan aturan/tradisi tempat tersebut, sebagai orang jawa kita harus menghargai budaya leluhur dan insya Allah tdk melenceng dr ajaran agama.

    ReplyDelete
  3. nah kalau dah harus melepas jilbab, bukankah itu sudah melenceng dari ajaran agama, bang..?

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.