SOBOnDESO News

Benteng VAN DER WIJCK Gombong Kebumen

Benteng VAN DER WIJCK dibangun pada abad ke XVIII oleh Belanda untuk pertahanan, dan bahkan kadang-kadang untuk menyerang. Luas Benteng atas 3606,625m2. Benteng bawah 3606,625 m2. Tinggi Benteng 9,67 m, ditambang cerobong 3,33 m. terdapat 16 barak dengan ukuran masing-masing 7,5 x 11,32 m. Nama benteng ini diambil dari VAN DER WIJCK, nama yang terpampang pada pintu sebelah kanan, kemungkinan nama komandan pada saat itu.

Tempat ini mudah dicapai dari pusat Kota Gombong. Benteng ini kadang dihubungkan dengan nama FRANS DAVID COCHIUS (1787 - 1876), seorang Jenderal yang bertugas di daerah barat Bagelen yang namanya diabadikan menjadi Benteng GENERAAL COCHIUS.

Selanjutnya Benteng pertahanan ini digunakan untuk sekolah militer.




2 comments:

  1. Di Klaten dulu katanya juga ada benteng (atau jangan2 tiap kota di pulau jawa pernah dibangun benteng ya). Sayang pemerintah pada waktu itu memutuskan untuk memusnahkan peninggalan sejarah ini. Andai waktu boleh dibalik....

    ReplyDelete
  2. wah di daerah mana mas? kalo sj ga dimusnahkan, bs jd tempat sejarah yg berharga

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.