SOBOnDESO News

Eksotisme Gunung Api Purba Nglanggeran


Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Berada dikawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl dengan suhu udara rata-rata 23˚ C – 27˚ C, jarak tempuh 20 km dari kota Wonosari dan 25 km dari kota Yogyakarta.

Ada 2 jalur jalan untuk menuju Objek Wisata ini melalui jalan aspal yang mulus, jika dari arah Wonosari kita melewati Bunderan Sambipitu, ambil kanan arah ke dusun Bobung/kerajinan Topeng, kemudian menuju Desa Nglanggeran ( Pendopo Joglo Kalisong/Gunung Nglanggeran ). Jika dari arah Jogjakarta : Bukit Bintang Patuk, Radio GCD FM belok kiri kira-kira 7 KM ( arah desa Ngoro-oro lokasi stasiun-stasiun Transmisi ), menuju desa Nglanggeran.

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Dari hasil penelitian dan referensi yang ada, dinyatakan Gunung Nglanggeran adalah Gunung Berapi Purba.





6 comments:

  1. sungguh bagus Gunung Nglanggeran..serasa kembali ke jaman Jurrasic...salam kenal mas2x pemburu foto alam...

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga,, benar2 ajaib pemandangan ditempat ini tak henti2nya kita akan memuji keagungan tuhan dgn ciptaanNYA yg bgtu indah

    ReplyDelete
  3. endi gadis se kang kok ra nana...wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. sorii ora tak uplod, parani dewe wae langsung nang TKP. hehehe

    ReplyDelete
  5. sudah 2 kali kesana,, dan masih pengen lagi,, dan lagi,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pemandangannya memang langka dan unik, saya jg masih ingin ke sana lg.. nuwun sdh mampir

      Delete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.