SOBOnDESO News

Jogja Berhati Mural

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan sejarah peradaban masa lalunya atau keunikan budayanya yang diwariskan turun temurun yang masih terjaga dan berkembang hingga ke generasi muda masa kini saja, tetapi Yogyakarta ini juga dikenal sebagai tempat tumbuh dan lahirnya budaya-budaya baru yang tengah berkembang pada masa kini. Salah satu budaya yang sangat berkembang pesat di Yogyakarta adalah "Seni Mural" (ekspresi seni menggambar di atas media dinding)

Seni mural di Jogja ini mulai marak sekitar tahun 1996-1997 an dan langsung mendapat apresiasi dan sambutan yang hangat dari masyarakat jogja, tak heran jika di berbagai tempat di kota jogja ini kita banyak sekali menjumpai karya-karya mural yang menghiasi tembok-tembok bangunan. Di Indonesia baru kota Yogyakarta lah yang melegalkan kegiatan mural ini, dengan catatan tidak mengganggu keindahan kota. Dengan dilegalkannya mural ini, maka para seniman jalanan/Bombers lebih bebas berekspresi menuangkan kreasinya dengan tetap menjaga kearifan budaya lokal masyarakat Yogyakarta sehingga kota Jogja juga bisa dijadikan kota wisata mural.

5 comments:

  1. iyalah lebih enak dipandang kalau gambarnya seperti itu, daripada kata2 jorok dan corat-coret tak karuan.
    kan jogja berhati nyaman... :)

    ReplyDelete
  2. semoga bombers tetep kreatif dan bertanggung jawab

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.