SOBOnDESO News

Keraton Mataram Kotagede Jogjakarta


Keraton Kotagede berada di Kecamatan Kotagede yang terletak sekitar 7 km sebelah tenggara Kota Yogyakarta. Kotagede ini adalah sebuah kota lama dari abad ke 16 yang pernah menjadi ibu kota Kerajaan Mataram Islam, yang didirikan oleh Ki Gede Pemanahan.





Sekarang tinggal sedikit barang peninggalan dan bangunan penting Mataram Islam yang masih tersisa di kota tua ini. Beberapa di antaranya adalah makam kerabat Pangeran Senopati, dinding dan fondasi salah satu pendapa (ruang depan kerajaan), dan Sendang Selirang (sendang kakung dan sendang putri) sebuah kolam tempat mandi keluarga kerajaan.



Ketiga peninggalan sejarah ini terletak di dalam suatu halaman tertutup, bersama dengan masjid keraton Kotagede, di sekitar 200 m ke arah selatan pasar tradisional Kotagede.Pemakaman dibuka untuk umum setiap Senin dan Kamis dari pukul 10.00 sampai 12.00 dan Jumat pada pukul 13.00 – 15.00. Para pengunjung harus mengenakan pakaian tradisional Jawa: batik. Pakaian ini disewakan di lokasi tersebut.





Kotagede atau yang juga sering disebut Kota Perak ini dahulu menjadi ibukota Kerajaan Mataram hingga tahun 1640. Setelah itu raja ketiga Mataram Islam, Sultan Agung memindahkan ibukota ke Desa Kerto, Plered-Bantul. Ibukota baru ini terletak sekitar 6 km di sebelah barat Kotagede. Menurut ceritanya, pemindahan ini dengan alasan untuk mendapatkan kekuatan dan kejayaan yang lebih besar secara mistis.

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.