SOBOnDESO News

Mampir Kotagede, Kota Peradaban Lama Kerajaan Mataram Islam

Gerbang utama komplek makam raja-raja kotagede
Mendatangi atau mengenal lebih dekat tempat-tempat bersejarah memang selalu menarik, kali ini saya berkunjung atau lebih tepatnya mampir ke makam maja-raja mataram islam yang berada di Kotagede Yogyakarta saat dalam perjalan mudik ke Bantul. Makam ini berada di sebelah selatan pasar Kotagede sekitar 200 meter, makam ini berada di dalam benteng dan satu lokasi dengan Masjid Keraton Yogyakarta.

Masjid kotagede, masjid tertua di yogyakarta
Singkat cerita tempat ini awalnya hanyalah sebuah hutan lebat yang disebut Alas Mentaok, yang diberikan kepada Panembahan Senopati oleh Sultan Pajang karena Senopati telah membantu menyelamatkan Pajang untuk mengalahkan Arya Penangsang. Pada tahun 1575, Panembahan Senopati, yang menjadi raja Mataram Islam yang pertama, membangun kawasan ini dan menetapkannya sebagai kota ibukota.

Jam kuno yang berada di depan masjid kotagede
Setelah sampai di lokasi makam, saya langsung memarkir kendaraan dan segera masuk ke lokasi. Setelah memasuki gerbang utama kita akan menjumpai sebuah masjid, masjid ini adalah masjid tertua di daerah Yogyakarta. Masuk ke lokasi makam ini tidak dipungut biaya sepeser pun, setelah itu kita akan menjumpai dan melewati gerbang-gerbang dengan dinding-dinding yang tinggi serta lorong-lorong sempit untuk memasuki komplek lainnya.

Salah satu gerbang

Gerbang dengan dinding yang tinggi dan kokoh
Di kompleks Makam Raja-Raja Kotagede ini terdapat beberapa peninggalan bersejarah yang berupa petilasan Raja Mataram, Panembahan Senopati, yaitu makam para kerabat raja, padepokan, Sendang Selirang, Watu Gilang dan Watu Gatheng. Makam Raja Mataram di Kotagede dibangun dalam kompleks yang luas. Di dalamnya terdapat 81 makam raja dan kerabat dekatnya.

Makam ini dibuka untuk umum pada hari-hari tertentu saja, yaitu hari Senin dan Kamis mulai pukul 10.00 -12.00 WIB dan pada hari Jumat mulai pukul 13.00 – 15.00 WIB. Para pengunjung yang hendak melakukan ziarah dan tirakatan diharuskan berendam terlebih dahulu di Sendang Selirang yang letaknya di sebelah selatan makam.
 

Sendang kakung, salah satu sendang yang berada di makam kotagede

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.