SOBOnDESO News

Sambel Welut Pak Sabar, Kuliner Favorit di Bantul

Persawahan hijau di daerah pundong bantul
Kabupaten Bantul tidak hanya terkenal dengan aneka seni kerajinannya yang unik, keindahan wisata pantainya atau pun alam desanya yang sejuk dengan hamparan persawahan hijau nan luas. Tetapi kabupaten yang berada di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga memiliki beragam masakan kuliner yang khas dan sudah cukup dikenal warga Bantul, Jogja maupun daerah di luar Jogja, salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal ialah Sambel Welut Pak Sabar.

Warung makan sederhana yang menasional... jepret pake kamera hp
Lokasi kuliner sambel welut ini berada di dalam perkampungan penduduk yaitu di Dusun Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta/Jln Imogiri Barat km 6. Warung makan Pak Sabar ini selalu ramai pengunjung walaupun lokasinya tidak berada di pinggir jalan raya. Tempat ini sudah sangat sering diliput berbagai media dan ditayangkan di sejumlah televisi nasional maupun lokal, banyak tokoh tenar pernah singgah di warung makan sederhana ini seperti Bondan Winarno, Chintami Atmanegara, Haryo Pramoe, Peppy dan masih banyak lagi.

Karena cukup sering menyaksikan liputan sambel welut Pak Sabar di televisi dan  cerita dari teman saya yang sudah mencicipi kelezatan sambel welut ini, saya pun sangat penasaran dan ingin membuktikannya sendiri. Bersama beberapa teman saya pun mendatangi TKP dan memesan sambel welut yang sudah sangat menasional ini, setelah saya mencicipi langsung ternyata "wow" rasanya sangat istimewa benar-benar berbeda dari rasa sambel welut yang pernah saya rasakan sebelumnya. Kita bisa meminta sendiri seberapa sensasi pedas yang kita inginkan, rasa pedas atau super pedas yang benar-benar joss pedasnya di lidah kita.

Menu spesial sambel welutnya memang mak nyuss... jepret pake kamera hp.
Warung makan yang sederhana ini tidak terlalu jauh dari kota Jogja, dari perempatan jalan Imogiri Barat ring road selatan, kita ambil arah ke selatan menuju arah Imogiri setelah di pertigaan 1.66 Kilometer dari ring road belok ke kiri timur melewati jembatan, setelah jembatan ada masjid di kanan jalan, dan di depan masjid ada sebuah gang kecil kita tinggal masuk ke dalam gang itu akan terlihat tulisan warung pak Sabar di depan bangunan yang dibuat dari bambu.

Sambel welut ini dibuat dari campuran daging belut yang telah dihancurkan ditambah bawang putih, cabai rawit segar, kencur, dan daun jeruk purut yang diulek/ditumbuk. Dua bumbu terakhir membuat sambal ini terasa segar dan tidak bikin enek, selain sambel welut rumah makan sabar ini juga melayani menu lainnya yang tidak kalah nikmat yaitu belut goreng, ikan gabus goreng, ikan lele lokal goreng serta camilan unik yang terbuat dari tulang belut yang digoreng garing dan renyah. Selamat mencicipi...^____^

9 comments:

  1. monggo bro..selamat mencoba pedasnya sambel welut pak sabar

    ReplyDelete
  2. berarti lokasinya dekat dari KID FUN ya ?
    kira-kira berapa jauh ?

    ReplyDelete
  3. hah? jalan imogiri barat di Kid Fun? jauh kaleeee...gk da hubungannya...bkn org jogja ya?

    ReplyDelete
  4. eshi= masih jauh, ini daerah ring road selatan

    ReplyDelete
  5. kalau malam buka sampai jam brp?

    ReplyDelete
  6. sampai larut malam mas.. selama masih ada pengunjungnya tetap melayani

    ReplyDelete
  7. aduwh...kenapa ga sekalian diliput harga menunya?

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.