SOBOnDESO News

Serunya Bermain di Sekaten Keraton Yogyakarta


Sekaten Keraton Yogyakarta adalah sebuah perayaan dalam rangkaian kegiatan tahunan sebagai peringatan milad Nabi Muhammad SAW yang diadakan secara rutin setiap tahunnya oleh keraton Kesultanan Yogyakarta.


Perayaan Sekataen ini dimeriahkan oleh pasar malam sebagai hiburan rakyat yang berlangsung satu bulan penuh. Acara yang penting dalam perayaan sekaten ini adalah dimainkannya gamelan pusaka di halaman Masjid Agung keraton, pembacaan riwayat hidup Nabi Muhammad SAW dan rangkaian pengajian di serambi Masjid Agung. Di puncak acara sekaten ini diadakan acara Grebeg Maulud sebagai bentuk syukur pihak istana dengan keluarnya sejumlah gunungan untuk diperebutkan oleh masyarakat.


Banyak hal unik yang bisa kita temui di acara sekatenan ini, salah satunya kuliner khas yaitu nasi gurih yang dijajakan di halaman masjid dan di depan gerbang masjid agung, belum afdhol rasanya jika tidak mencicicpi kuliner ini di acara sekaten. Lalu ada endhog abang, sirih/kinang dan berbagai mainan khas juga yang masih eksis seperti cambuk rotan, mainan tradisional dari bambu dan perahu otok-otok.



Selain hal-hal unik dan khas di acara sekaten tersebut, masih banyak lagi hal yang menjadi daya tarik pengunjung untuk selalu datang ke acara sekaten ini setiap tahunnya, seperti banyaknya wahana permainan dan stan-stan yang menjual beraneka macam dagangannya.


No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.