SOBOnDESO News

Mencoba Mandi Air Panas Alami di Parang Wedang

Pemandian parang wedang
Sepulang bermain dari Pantai Parangtritis tidak lengkap rasanya bila tidak mencoba sensasi mandi di kehangatan mata air panas di pemandian Parang Wedang yang lokasinya masih berada di kawasan Pantai Parangtritis.






Parang Wedang merupakan pemandian air panas alami yang keluar dari dalam bumi yang disebabkan adanya pertemuan dua lempeng bumi yang mengakibatkan timbulnya mata air panas. Air panas yang keluar dari bumi ini dipercaya memiliki banyak khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, sakit gigi maupun pegal - pegal dan rematik karena banyak mengandung mineral dengan unsur terbesar Na, CI, dan Mg. Parang Wedang dibangun pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono VI.


Airnya benar-benar panas dan dingin dalam satu sumur
Hari Minggu kemarin kami tergoda untuk mencoba merasakan mandi di kehangatan air panas di Parang Wedang ini, namun berhubung Pemandian Parang Wedang saat itu sedang ramai oleh para pengunjung kami putuskan untuk mandi di sumber air panas yang berada di sebelah timurnya yang dikelola oleh warga.

Sumber mata air panas di ambil dari sebuah sumur dengan dua buah mesin pompa air, pompa yang satu mengalirkan air dingin dengan mengambil bagian air sumur yang dangkal sedang pompa yang satunya mengalirkan air panas dengan mengambil air sumur yang lebih dalam. Di tempat ini disediakan beberapa bilik kamar mandi dengan bak yang besar sehingga bisa digunakan untuk berendam, untuk bisa merasakan mandi air panas ini para pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 4000 saja per orang.

Tempat mandi air panas

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.