SOBOnDESO News

Suasana Malam Minggu di Alun-Alun Kidul Djogja

Kerlip lampu di alkid jogja
Terlihat gemerlap aneka lampu warna-warni di sepanjang jalanan yang mengitari lapangan Alun-Alun Kidul (alkid) jogja, diiringi dengan riuh canda tawa masyarakat yang menikmati malam mingguan bersama keluarga dan orang-orang tercinta di Alkid Jogja.

Di tengah lapangan nampak kerumunan anak-anak muda yang tengah asyik mencoba permainan Masangin yang menjadi permainan khas di Alkid ini. Permainan masangin adalah permainan di mana seseorang harus melalui celah antara dua pohon beringin yang berada di tengan alun-alun dengan menutup ke dua matanya.

suasana di alkid
Permainan unik ini memang terlihat sangat mudah, namun saat saya amati tidak ada satupun yang berhasil melewati celah itu dengan jarak start sekitar 15 meter. Kebanyakan orang yang melakukan permainan masangin ini jalannya melenceng ke kiri dan ke kanan, bahkan tak sedikit yang berjalan jauh dan memutar-mutar sehingga terlihat lucu bagi orang yang melihatnya.

Selain mencoba serunya tradisi masangin, juga nampak keceriaan keluarga dan anak-anak muda yang tengah asyik mengayuh sepeda dan becak bercahaya mengitari alun-alun.
mencoba permaianan masangin
Di sisi timur alun-alun nampak orang-orang sedang asyik mengobrol dan menikmati berbagai kuliner di bangku lesehan yang disediakan berjajar dipinggir lapangan alun-alun. Seakan menambah kemeriahan malam minggu di Alkid, terdengar alunan gending jawa dan suara dalang karena malam itu sedang ada pentas wayang kulit di gedung Sasana Hinggil. 
becak dan sepeda bercahaya


No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.