SOBOnDESO News

Karangan Rumput Laut, Kuliner Khas Bantul


Apa itu Karangan? Karangan adalah salah satu nama kuliner tradisional  khas Bantul dari Kecamatan Kretek. Kuliner ini sangat unik dan berbeda dengan jenis kuliner tradisional lainnya di Kabupaten Bantul karena bahan bakunya dari rumput laut. Disebut Karangan karena bahan bakunya rumput laut diambil dari batu-batu karang saat air laut surut.


Karangan ini memiliki kandungan serat yang tinggi sangat baik untuk pencernaan,  Karangan ini penampakannya seperti agar-agar dan memiliki rasa agak tawar dan beraroma sedikit amis. Untuk menambah cita rasanya biasanya untuk menikmatinya disertai dengan botok kelapa yang memiliki rasa gurih pedas maupun kethak krengseng yang manis gurih. Saat Karangan ini dimakan ada sensasi tersendiri, yaitu berasa kenyil-kenyil kemrenyes terasa sekali tekstur rumput lautnya.

Untuk bisa menikmati kuliner Bantul ini silahkan datang ke Pasar Turi, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul atau ke Pasar Ngangkruksari, Parangtritis, Kretek, Bantul. Karangan ini harganya sangat murah, hanya Rp500 per potongnya dan biasanya dibungkus daun pisang.

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.