SOBOnDESO News

Growol Kuliner Legendaris Dari Kulon Progo


Growol adalah salah satu nama makanan khas Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang bahan utamanya dari singkong, Growol ini adalah makanan yang sangat legendaris di Kulon Progo karena sudah lama ada dan tetap eksis hingga saat ini.

Cara pembuatan Growol inipun sangat unik, yaitu dengan cara singkong dikupas kulitnya kemudian dicuci bersih, kemudian singkong direndam selama tiga hari. Setelah tiga hari, air rendaman dibuang lalu ketela kembali dicuci sembari diuleni dengan lembut. Selanjutnya singkong ini dikukus hingga matang, setelah matang ketela ditumbuk dan dicetak. Penyajiannya dibungkus menggunakan daun pisang, Growol ini bertahan selama 3 hari tanpa bahan pengawet tambahan.


Rasa dari Growol ini tawar jadi saat menikmati growol tidak lengkap rasanya tanpa ditemani dengan serundeng kelapa, tempe benguk goreng atau ketak sebagai penambah citarasa. Dan tentunya juga ditemani secangkir kopi atau teh nasgitel akan semakin maknyus..

Jadi saat Anda berkunjung ke Kabupaten Kulon Progo, Growol bisa dijadikan salah satu alternatif oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Growol ini harganya cukup murah dan masih sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Kulon Progo.

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.