SOBOnDESO News

Kerajinan Batik Kayu



Macam-macam canting
Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya masyarakat Jawa) sejak lama. Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Dan sekarang telah di syahkan oleh UNESCO sebagai kebudayaan aseli dari Indonesia.




Canting alat untuk membatik tulis
Ada dua macam teknik membuat kerajinan batik yaitu:
* Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
* Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.

Seiring dengan perkembangan zaman, kerajinan batik tidak hanya dibuat dengan media kain saja tetapi dibuat di atas media bahan kayu yang sudah dibuat berbagai macam bentuk. Sehingga kayu/benda dari kayu yang sudah dibatik menjadi barang hasil kerajinan tangan yang unik dengan nilai yang sangat tinggi tidak kalah dengan kerajinan batik kain.

Batik kayu
Proses nyolet pada batik kayu
Pelopor kerajinan Batik Kayu ini berada di Dusun Krebet , yaitu Sanggar Peni yang didirikan oleh bapak Kemiskidi pada tahun 1988 yang dibantu oleh teman-teman dan juga kerabatnya, yang berada di Dusun Krebet Bantul DIY. Dusun Krebet terletak agak jauh dari kota, dengan jalan yang tidak terlalu besar dan menanjak, karena  terletak didaerah pegunungan. Perjalanan dari kota Yogyakarta memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 15 km. Dan saat ini kerajinan batik kayu juga sudah berkembang di tempat-tempat lain seperti di daerah Gunung kidul, Klaten, Solo dan daerah lainnya.




1 comment:

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.