SOBOnDESO News

Sensasi Pedas "Bakso Lombok Uleg PakDi" Temanggung

Pendopo kabupaten temanggung
Kabupaten Temanggung sangat terkenal dengan hasil tembakaunya yang sangat berkuwalitas, dan Temanggung ini adalah penghasil tembakau terbanyak di pulau Jawa. Bila kita berkunjung ke KotaTemanggung, kita akan merasakan suasana kota yang damai dengan penduduknya yang ramah. Di pusat kota terdapat alun-alun kota yang cukup ramai dengan rindangnya pohon-pohon beringin yang mengelilingi lapangan alun-alun.

Karena letak Kabupaten Temanggung ini berada di kaki Gunung Sumbing, maka udara di daerah ini sangat sejuk. Tak heran bila kuliner yang disajikan oleh para pedagang kaki lima maupun rumah makan adalah masakan yang berkuah panas dan pedas, salah satu kuliner yang terkenal dan digemari adalah bakso.

Suasana di salah satu sudut alun-alun kota temanggung
Di Temanggung ini memiliki kuliner yang khas dan unik yaitu Bakso Lombok Uleg, walaupun bakso merupakan makanan yang sudah sangat menasional dan bukan jenis makanan yang langka untuk ditemukan, namun Bakso Lombok Uleg ini berbeda dengan bakso pada umumnya. 

Bakso Lombok Uleg memiliki kuah yang bening dan lebih segar, karena tidak ditambah mie sebagai campuran bakso, seperti pada bakso lazimnya. Dan yang menjadikan jajanan khas kota Temanggung ini istimewa adalah cabe rawit  segarnya serta ketupat sebagai pengganti mie untuk menemani bakso daging dan tahu goreng.  Karena langsung dihaluskan atau diuleg  di mangkok bakso, maka rasa dan aroma yang khas dari cabe rawit lebih terasa segar.

Depot bakso lombok uleg pakdi temanggung

Nampak sama tapi beda
Salah tempat makan di Temanggung yang menyajikan ialah Bakso Lombok Uleg PakDi yang menawarkan tiga paket pedas yakni pedas biasa dengan cabe rawit dua  buah, pedas sedang dengan cabe rawit tiga dan pedas banget untuk penyuka pedas dengan jumlah cabe lebih dari lima buah. Semangkok bakso lombok uleg harga RP6.000 (enam ribu rupiah)  disajikan bersama ketupat separuh plus tahu goreng isi siomay dan lima butir bakso daging ditambah dengan guyuran kuah bakso yang panas mengepul,dibumbui dengan bawang merah goreng,seledri,seledri kecap dan merica.

Jadi jika anda sedang ada di Temanggung,cobalah mampir di Jl Jenderal Sudirman depan BRI, buka dari jam 10.00 – 21.00 WIB. Bakso Lombok Uleg PakDi ini tak hanya bisa ditemui di Temanggung saja, namun pemiliknya telah membuka beberapa cabang di Yogyakarta yang antara lainnya berada di Jalan Godean sebelah barat Mirota Godean, Jalan Kaliurang sebelah utara Apotek Kentungan dan masih beberapa tempat lagi.

Selamat menikmati

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.