SOBOnDESO News

Blusukan ke Lembah Harau nya Bantul

Lembah harau versi bantul
Menikmati keindahan alam memang tiada bosan-bosannya walaupun harus menempuh perjalanan panjang maupun menghabiskan banyak biaya untuk sampai ke tempat tujuan. Di Sumatera Barat terdapat sebuah tempat yang memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu Lembah Harau, namun tulisan saya kali ini bukan untuk menceritakan tentang lembah tersebut.

Di Yogyakarta tepatnya di Desa Kedungmiri, Imogiri, Bantul juga terdapat sebuah lembah yang juga memiliki keindahan alam yang cukup indah, lembah yang berada di Bantul ini memiliki beberapa kesamaan dengan Lembah Harau yang berada di Sumatera Barat. Beberapa kesamaan itu antara lain sama-sama memiliki tebing-tebing batu yang tinggi di kanan kiri lembah, sama-sama memiliki hamparan persawahan dan pemukiman penduduk di lokasi lembah, sama-sama memiliki beberapa air terjun walaupun kadang air terjun yang berada di Kedungmiri ini mengering saat musim kemarau tiba.





Menikmati keindahan alam dan kesejukan udara lembah

Aliran kali oya yang berwarna khas bening kehijauan
Jadi tidak berlebihan jika saya menyebut lembah yang di Kedungmiri Bantul ini sebagai Lembah Harau versinya Bantul, walaupun saya hanya beberapa kali menyaksikan liputan Lembah Harau melalui tayangan televisi, maupun melihat gambarnya melalui internet.

Keindahan alam lembah di Kedungmiri Bantul ini sudah banyak dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar berbagai syuting iklan maupun sinetron, sebagai tempat pemotretan prewedding maupun hanya sekedar berfotografia ria. Dengan kondisi jalanan yang naik turun dengan udara perbukitan yang masih alami dan bersih di tempat ini juga sering dijadikan jalur andalan bagi pecinta olahraga sepeda gunung.





Acara syuting sebuah iklan minuman berenergi... rosa!!!

Jembatan gantung unik cocok berfotografi ria
Di desa ini juga terdapat sebuah jembatan gantung unik yang bisa bergoyang-goyang saat kita lewat di atasnya, jembatan gantung ini melintang di atas Sungai Oya menghubungkan Desa Selopamioro dan Sriharjo Imogiri Bantul Yogyakarta. Jembatan ini sangat berarti bagi kedua wilayah ini untuk berjalannya roda perekonomian dan pendidikan.

Letak desa ini memang sangat terpencil dengan dikelilingi perbukitan dan berada di pinggir aliran Sungai Oya. Untuk mencapai ke lokasi desa ini, bisa kita tempuh dengan menelusuri jalan Imogir - Goa Cerme hingga sampai di SMP Negeri 2 Imogiri kita belok ke kiri dan terus menelusuri jalanan beraspal hingga sampai di sebuah papan nama pertanda kita sudah berada di lokasi desa ini. Namun kita harus berhati-hati jika sedang melewati jalanan yang berada di tepian Kali Oya karena di beberapa titik sedang mengalami tanah longsor. Selamat blusukan SOBOnDESO...

Koboi di kali oya

Tanah longsor di pinggir kali oya

2 comments:

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.