SOBOnDESO News

Napak Tilas Situs Ki Ageng Mangir Part 2

situs di dalam komplek
Postingan ini saya tulis sebagai pelengkap untuk tulisan saya yang sebelumnya. Untuk mengakhiri blusukan saya ke Kampung Mangir saya sempatkan untuk mampir ke sebuah situs sejarah, yaitu situs Ki Ageng Mangir Wanabaya yang berada tidak jauh dari lokasi jembatan sesek Mangir tepatnya di Kampung Mangir Tengah.

Siapakah Ki Ageng Mangir ini? Silahkan baca ditulisan lawas saya di sini, atau searching sendiri di google, atau baca di buku untuk lebih jelasnya karena mungkin ada banyak versi tentang kisah Ki Mangir Wanabaya ini.

prasasti situs ki ageng mangir
Situs ini berada di tengah perkampungan penduduk dengan dikelilingi tembok batubata yang dicat merah dengan pintu gerbang yang mencolok, terdapat prasasti yang ditanda tangani oleh Bupati Bantul.

Di dalam komplek yang dipagari tembok tinggi terdapat bangunan yang mirip bangunan candi kecil di atas bangunan yang tersusun dari batubata, yang di sekitarnya ditanami pohon kemuning yang cukup rindang. Saya tidak berlama-lama di tempat ini karena suasananya sangat sepi, saya sempatkan untuk mengambil beberapa foto untuk dokumentasi.

No comments

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.