SOBOnDESO News

Panorama Jembatan Sesek Mangir, Kali Progo


jembatan sesek mangir kali progo
Sungai Progo yang membelah Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak potensi kekayaan alam yang menjadi tumpuan hidup masyarakat sekitar. Pasir yang melimpah seakan tak pernah habis untuk ditambang, air yang terus mengalir menjadi berkah yang tak ternilai.

Selain memiliki kekayaan alam, Sungai Progo ini juga memiliki panorama alam yang menawan. Salah satunya adalah jembatan sesek yang sekarang lagi ngeHits2nya di medsos dan dijadikan tempat selfi yang keren. Ada dua jembatan sesek di Kali Progo yang menghubungkan Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Kulon Progo, yaitu jembatan Sesek di Mangir Lor dan di Manukan.





menyeberang dari arah mangir
Pada tulisan kali ini saya akan membahas jembatan sesek yang berada di Mangir dahulu karena saya belum sempat mengunjungi jembatan sesek yang di Manukan, Insha Allah lain waktu saya akan mencoba menyambangi juga.

Sering melihat foto-foto jembatan sesek di dunia maya membuat saya tak bisa membendung hasrat untuk blusukan ke jembatan eksotis yang menghubungkan kampung Mangir di Bantul dengan Lendah, Kulon Progo.
menyeberang dari arah lendah

eksotis di atas kali progo
menantang untuk dicoba
Sesampainya saya di jembatan sesek Mangir, ternyata benar kabar tentang keelokan jembatan bambu yang membelah lebarnya Kali Progo ini. Di lokasi ini juga banyak pengunjung yang tengah asyik berselfi ria.

Setelah puas duduk-duduk menikmati keindahan dengan semilirnya angin kali Progo yang sejuk dan mengambil beberapa foto suasana jembatan, saya pun tak ketinggalan untuk mencoba merasakan sensasi menyeberang jembatan sesek dengan kendaraan.  Untuk bisa menyeberang jembatan ini kita harus membayar uang perawatan jembatan sebesar Rp 2000, kita juga harus bergantian saat menyeberang karena jembatan ini sangat sempit tidak bisa dilewati dua kendaraan yang berlawanan arah.






Saat menyeberangi jembatan sesek ini dengan kendaraan saya benar-benar merasakan sangat luar biasa sensasinya. Tubuh saya serasa berguncang-guncang saat roda melaju di atas jembatan dari anyaman bambu yang mentul-mentul ketika dilewati, suara derak bambu terdengar sangat keras bagai hentakan musik cadas yang menambah keseruan saat saya menyeberang. 

bayar uang perawatan dari arah lendah/barat
Bagi sobat pembaca yang tertarik ingin mencoba sensasi melewati jembatan sesek Kali Progo, atau yang punya hobi foto-foto atau hanya sekedar ingin refreshing blusukan melihat keindahan alam Sungai Progo, bisa langsung menuju ke Kecamatan Pajangan, Bantul. Setelah sampai di Pajangan silahkan cari KUA Pajangan - ambil kiri/selatan jika sobat datang dari arah Bantul - ikuti jalan utama yang kondisi jalannya rusak berlobang-lobang hingga sampai di Kampung Mangir Lor sampai menemukan plang petunjuk ke arah Kulon Progo atau silahkan bertanya pada penduduk kalau diperlukan.
Tips: Sebaiknya kalau blusukan ketempat ini di pagi hari, karena lebih banyak moment yang bagus seperti sunrise, kabut, dan lebih banyak aktifitas masyarakat yang menyeberangi jembatan sesek membuat suasananya lebih hidup. Datanglah saat musim kemarau, karena saat musim hujan jembatan akan hanyut terbawa arus Sungai Progo yang deras dan akan digantikan oleh rakit untuk menyeberang. Selamat blusukan SOBOnDESO.

1 comment:

  1. Mantap... walaupun sesek mangir sering hanyut, warga masih semangat membangunnya untuk kepentingan umum... saluuut!

    ReplyDelete

Termakasih telah berkunjung.... sobondeso.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis, komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Bila ada komentar yang menurut kami tidak sesuai maupun spam admin berhak untuk menghapusnya.